Walau Bukan Menangkan Grand Slam, Ini Arti Peringkat 1 Dunia Akhir Musim Bagi Rafael Nadal

Penulis: Dian Megane
Sabtu 16 Nov 2019, 14:58 WIB
Walau Bukan Menangkan Grand Slam, Ini Arti Peringkat 1 Dunia Akhir Musim Bagi Rafael Nadal

Rafael Nadal

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Tidak masalah apakah ia bertanding pada hari Sabtu (16/11) di ATP Finals atau tidak, Rafael Nadal akan tetap memuncaki dunia tenis putra.

Pada hari Jum’at (15/11) lalu, Nadal merayakan dua hal. Selain mengklaim kemenangan atas Stefanos Tsitsipas di laga terakhir fase grup ATP Finals, Nadal secara resmi menjadi petenis peringkat 1 dunia akhir musim.

Untuk kali kelima dalam kariernya, Nadal mendapatkan kehormatan tersebut dan ia tetap menjadi satu-satunya petenis berkebangsaan Spanyol yang melakukannya dalam sejarah. Nadal menjadi salah satu dari tiga petenis Spanyol yang pernah menjadi petenis peringkat 1 dunia di Open Era.

“Saya telah mengatakan selama ini bahwa peringkat 1 dunia bukan tujuan utama bagi saya,” aku Nadal di London.

“Saya melakoni kalender turnamen yang normal karena anda harus membuat keputusan untuk berusaha bermain selama mungkin atau berusaha berjuang demi peringkat 1 dunia. Keputusan saya atau tim adalah berusaha melakukan semua hal agar saya bisa bermain selama mungkin. Jadi, itulah mengapa saya berusaha menjalani kalender turnamen seperti biasa demi menjaga kondisi fisik saya.”

Musim ini Nadal turun di 13 turnamen, termasuk pekan ini di London, lima di antaranya berlangsung di atas clay-court yang sangat dicintainya. Sampai 15 November, ia telah memenangkan 53 dari 60 pertandingan yang dilakoninya dan melaju ke semifinal atau lebih baik daripada itu sebanyak 11 kali dari 13 turnamen.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana peringkat 1 dunia pada akhir musim dibandingkan dengan pencapaian lainnya di mata Nadal, petenis yang memenangkan gelar paling banyak dalam sejarah di atas clay-court dan menjadi petenis putra kedua dengan koleksi gelar Grand Slam terbanyak setelah Roger Federer.

“Saya tahu, itu adalah hal yang besar dan penting, karena untuk mencapai hal itu anda harus bermain dengan baik selama 11 bulan. Sementara memenangkan Grand Slam, anda hanya harus bermain dengan baik selama dua pekan,” tukas Nadal.

“Trofi ini (trofi peringkat 1 dunia akhir musim) adalah hal yang diperjuangkan selama satu musim dan musim ini berlangsung luar biasa bagi saya. Mendapatkan trofi ini adalah kepuasan besar bagi saya. Saya pikir kami melakukan banyak hal positif di sepanjang musim ini.”

Artikel Tag: Tenis, ATP Finals, Rafael Nadal

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/walau-bukan-menangkan-grand-slam-ini-arti-peringkat-1-dunia-akhir-musim-bagi-rafael-nadal
2473  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini