Selamat Dari Amukan Djokovic, Thiem Melangkah Ke Final Di London

Penulis: Dian Megane
Minggu 22 Nov 2020, 06:56 WIB
Dominic Thiem terpaut satu kemenangan lagi untuk menggondol gelar ATP Finals pertama dalam kariernya

Dominic Thiem lolos ke partai puncak ATP Finals untuk kali kedua secara beruntun

Berita Tenis: Dominic Thiem menjadi petenis pertama dalam empat musim terakhir yang melaju ke final ATP Finals secara beruntun.

Pencapaian tersebut harus petenis peringkat 3 dunia perjuangkan sekuat tenaga sebelum ia mengklaim kemenangan ketat 7-5, 6-7, 7-6 atas petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic.

Runner up ATP Finals musim 2019 gagal mengkonversi empat peluang match point di babak tiebreak set kedua yang berlangsung dramatis, tetapi ia menahan rasa tegangnya di babak tiebreak set penentu melawan Djokovic di O2 Arena, London untuk kali kedua secara beruntun.

Kemenangan tersebut menjadi kemenangan ke-300 petenis berkebangsaan Austria sekaligus kemenangan kelimanya atas Djokovic, petenis terakhir yang melaju ke partai puncak turnamen akhir musim secara beruntun(2012- 2016).

“Itu pastinya pertarungan mental. Saya begitu kewalahan di babak tiebreak set kedua, karena bertanding melawan petenis terbaik dunia sepertinya akan selalu menjadi sesuatu yang istimewa,” ungkap Thiem.

“Melakoni final di turnamen ini juga selalu menjadi sesuatu yang istimewa dan saya pikir setelah memenangkan gelar terbesar pertama saya di New York, mungkin saya akan tampil dengan sedikit lebih tenang, tetapi itu kesalahan, saya rasa.”

“Para petenis terbaik dunia saling berhadapan satu sama lain. Jadi, saya sangat senang bisa melaluinya dan akan berusaha siap untuk pertandingan selanjutnya.”

Kemenangan setiap set hanya ditentukan melalui beberapa poin saja dan petenis berkebangsaan Austria yang berhasil memenangkan poin paling krusial di set penentu.

Juara US Open musim 2020 meningkatkan serangan demi memenangkan enam poin secara beruntun dari kedudukan 0/4 di babak tiebreak set penentu dan mengkonversi peluang match point keenam dengan pengembalian forehand yang penuh tenaga.

Musim lalu di turnamen yang sama, ia juga tertinggal 1/4 sebelum mengalahkan Djokovic di babak tiebreak set penentu.

Petenis peringkat 3 dunia merupakan petenis kedua pada musim ini yang memenangkan babak tiebreak melawan Djokovic yang memasuki babak tiebreak set penentu dengan catatan 15-1 di babak tiebreak sepanjang musim ini.

“Setelah saya berjuang begitu keras untuk bisa melalui fase grup dan begitupun pertandingan kali ini, tentu saya akan mengerahkan segalanya demi memenangkan gelar turnamen ini,”aku Thiem.

“Kita akan mendapati juara ATP Finals untuk kali pertama lagi, tidak masalah apapun yang terjadi di semifinal lain. Keduanya akan berjuang 100 persen di pertandingan kali ini maupun selanjutnya, tetapi saya menantikannya.”

“Final kali ini akan menjadi pertandingan terakhir di musim yang sangat istimewa dan berat bagi semua petenis, saya rasa. Kami akan tampil untuk memperlihatkan permainan terbaik bagi siapapun yang menyaksikan.”

Kini, runner up Australian Open musim 2020 memenangkan lima dari tujuh pertemuan terakhirnya melawan Djokovic, termasuk dua kemenangan di ATP Finals. Musim lalu, ia juga memenangkan babak tiebreak set penentu melawan petenis berkebangsaan Serbia di fase grup ATP Finals musim lalu.

Petenis peringkat 3 dunia akan berduel melawan Rafael Nadal atau Daniil Medvedev demi memperebutkan gelar. Ia unggul atas Medvedev dengan 3-1 dan tertinggal dari Nadal dengan 6-9, tetapi ia berhasil mengalahkan Nadal dengan dua babak tiebreak di fase grup musim ini.

Untuk kali kedua dalam sejarah perhelatan ATP Finals yang telah berlangsung selama 50 tahun, akan ada juara yang berbeda untuk kali keenam.

Thiem, Nadal, dan Medvedev akan mengikuti jejak langkah Djokovic (2015), Andy Murray (2016), Grigor Dimitrov (2017), Alexander Zverev (2018), dan Stefanos Tsitsipas (2019). Sebelumnya, hal tersebut terjadi pada periode 1974 – 1979.

Artikel Tag: Tenis, ATP Finals, Dominic Thiem, Novak Djokovic

534  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini