Pihak WTA Belum Ambil Keputusan Terkait WTA Finals 2024 Usai Kegaduhan Ini

Penulis: Dian Megane
Senin 11 Des 2023, 19:47 WIB
Pihak WTA Belum Ambil Keputusan Seputar WTA Finals 2024 Usai Kegaduhan Ini

Juara WTA Finals musim 2023, Iga Swiatek [image: getty images]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Pihak WTA tampaknya harus belajar dari kesalahan yang telah berlalu dan mulai bernegosiasi untuk menentukan tuan rumah turnamen akhir musim, WTA Finals musim 2024.

Dalam sebuah email yang ditujukan ke Reuters, juru bicara WTA menuliskan bahwa diskusi dengan pemangku kepentingan yang terkait, termasuk para petenis putri, saat ini tengah dilakukan, yang masukannya tentu akan sangat penting dalam mencapai kesimpulan yang menentukan. Tetapi belum ada keputusan formal yang diambil.

WTA Finals merupakan turnamen unggulan akhir musim yang mempertemukan delapan petenis putri terbaik di dunia demi bersaing untuk memperebutkan hadiah uang cukup besar dan maksimal 1.500 poin. Petenis berkebangsaan Polandia, Iga Swiatek memenangkan edisi musim ini, kemenangan yang membantunya kembali bertengger di peringkat 1 dunia.

Namun, turnamen akhir musim yang kali ini digelar di Cancun, Meksiko dihiasi dengan sejumlah kekacauan. Pertama-tama, para petenis tidak menerima secara positif keputusan pihak WTA untuk mengumumkan kota tuan rumah begitu telat menuju akhir musim. Kedua, persiapannya jauh dari ideal, karena ketika para petenis tiba di Cancun, mereka lebih mengamati lokasi konstruksi dibandingkan lapangan tenis.

Lapangan utama baru selesai dibangun satu hari sebelum laga pertama fase grup dimulai dan beberapa petenis putri yang terkualifikasi untuk melakoni turnamen akhir musim tersebut mengkritik tajam hal yang mengejutkan tersebut. Kenyataannya, sejak musim 2019, turnamen akhir musim putri belum memiliki kota tuan rumah yang permanen dengan pihak WTA mengganti-ganti kota tuan rumah sejak musim 2021.

Menyusul pembatalan kontrak sepuluh musim dengan Shenzhen akibat COVID-19, pihak WTA kini menjajaki pilihan untuk mencari kota tuan rumah jangka panjang dari turnamen yang secara tradisional diharapkan menjadi turnamen bergengsi bagi petenis putri.

Dikabarkan bahwa Arab Saudi akan menjadi tuan rumah turnamen premier pada musim 2024 setelah gagal dalam proses penawaran musim 2023. Tetapi pihak WTA tidak memberikan penjelasan mengenai kabar tersebut, meski pembicaraaan mengenai penunjukkan kota tuan rumah sedang berlangsung.

“Kami sedang berdiskusi dengan berbagai pihak seputar WTA Finals musim 2024 dan seterusnya, serta belum mengambil keputusan apa pun saat ini. Seperti semua Keputusan WTA, kami bekerja sama dengan para petenis dan fokus untuk terus membangun masa depan yang kuat demi dunia tenis putri,” ungkap pihak WTA.

Artikel Tag: Tenis, WTA Finals, Iga Swiatek

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/pihak-wta-belum-ambil-keputusan-terkait-wta-finals-2024-usai-kegaduhan-ini
406  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini