Novak Djokovic Jadi Petenis Peringkat 1 Dunia Tertua Dalam Sejarah

Penulis: Dian Megane
Minggu 07 Apr 2024, 21:56 WIB
Patahkan Rekor, Novak Djokovic Jadi Petenis Peringkat 1 Dunia Tertua Dalam Sejarah

Novak Djokovic [image: getty images]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Serbia, Novak Djokovic secara resmi mematahkan rekor lain, yaitu menjadi petenis peringkat 1 dunia tertua dalam sejarah.

Petenis berusia 36 tahun mematahkan banyak rekor di sepanjang kariernya. Apakah memenangkan lebih banyak gelar Masters atau gelar Grand Slam, di mana ia mengoleksi 24 gelar Grand Slam, dua gelar lebih banyak dari Rafael Nadal, petenis berkebangsaan Serbia secara statistik mendominasi rival-rivalnya dalam beberapa musim terakhir.

Hal tersebut terutama benar adanya terkait peringkat, di mana ia menghabiskan lebih banyak pekan daripada petenis lain sebagai petenis peringkat 1 dunia. Baru-baru ini, ia mengawali musim kedelapan sebagai petenis peringkat 1 dunia dan karena usianya, ia mampu mematahkan rekor lain.

Untuk waktu yang cukup lama, Roger Federer memegang rekor sebagai petenis peringkat 1 dunia tertua ketika ia menghuni peringkat tersebut pada usia 36 tahun 320 hari, tetapi kini hal tersebut berubah, tepatnya pada 7 April 2024.

Usia Djokovic saat ini adalah 36 tahun 321 hari, yang artinya ia mematahkan rekor mantan petenis berkebangsaan Swiss, Federer dengan satu hari saja.

Bahkan jika kalender tidak berpihak kepada petenis berkebangsaan Serbia, hal itu tidak terlalu berpengaruh, karena ia masih akan menghuni posisi tersebut satu pekan setelah tanggal 8 April, ketika Monte Carlo Open digelar, dan satu pekan setelah turnamen Masters 1000 tersebut.

Rival-rival terdekatnya, yaitu Jannik Sinner dan Carlos Alcaraz tidak memiliki peluang secara matematis untuk melengserkannya selama turnamen Masters 1000 pertama yang digelar di clay-court, tetapi hal tersebut bisa berubah menuju akhir musim clay-court.

Petenis berkebangsaan Italia, Sinner terutama tidak akan mempertahankan banyak poin peringkat selama musim clay-court dibandingkan petenis yang telah memiliki dua orang anak, Djokovic, itu artinya, juara Australian Open musim 2024 akan mendapatkan peluang menghuni peringkat 1 dunia selama musim panas.

Sementara itu, mendapatkan bye di babak pertama Monte Carlo Open, petenis unggulan pertama, Djokovic akan mengawalinya di babak kedua melawan Roman Safiullin atau seorang qualifier atau lucky loser, sedangkan petenis unggulan kedua, Sinner akan mengawalinya dengan menghadapi Sebastian Korda atau Alejandro Davidovich Fokina.  

Artikel Tag: Tenis, Novak Djokovic, Jannik Sinner

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/novak-djokovic-jadi-petenis-peringkat-1-dunia-tertua-dalam-sejarah
690  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini