Marketa Vondrousova Permalukan Juara Australian Open Di Stuttgart

Penulis: Dian Megane
Sabtu 20 Apr 2024, 11:38 WIB
Marketa Vondrousova Permalukan Juara Australian Open Musim 2024 Di Stuttgart

Marketa Vondrousova [image: Stuttgart Open]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Marketa Vondrousova berhasil menaklukkan juara Australian Open musim 2024, Aryna Sabalenka untuk kali pertama dalam enam musim terakhir di Stuttgart Open.

Petenis unggulan keenam membutuhkan waktu 2 jam 1 menit demi menundukkan petenis unggulan kedua, Sabalenka dengan 3-6, 6-3, 7-5 di perempatfinal Stuttgart Open musim 2024.

Petenis berkebangsaan Ceko melenggang ke semifinal untuk kali pertama sejak memenangkan gelar Grand Slam untuk kali pertama dalam kariernya di Wimbledon musim lalu sekaligus mengklaim kemenangan pertama atas petenis peringkat 5 besar sejak ia mengalahkan petenis AS, Jessica Pegula di perempatfinal turnamen yang sama.

Vondrousova memenangkan dua pertemuan pertama melawan juara Australian Open dalam dua musim terakhir, Sabalenka, tetapi kemudian ia kalah di empat pertemuan terakhir mereka secara beruntun pada periode 2018 – 2023.

Namun, pertemuan di Stuttgart menjadi pertemuan pertama mereka di turnamen clay-court, di mana petenis unggulan keenam meraih sejumlah pencapaian memukau, termasuk menjadi finalis French Open musim 2019 sebelum kalah dari Ashleigh Barty.

Kekalahan tersebut menandai kekalahan pertama Sabalenka sebelum final Stuttgart Open setelah ia menjadi runner up pada musim 2021 (kalah dari Barty) serta musim 2022 dan 2023 (keduanya kalah dari Iga Swiatek).

Pertandingan tersebut menjadi pertandingan kedua antar juara Grand Slam bertahan sejauh ini pada musim 2024 setelah Sabalenka mengalahkan juara US Open musim 2023, Cori Gauff di semifinal Australian Open musim ini. Kemenangan tersebut merupakan kemenangan pertama petenis berkebangsaan Ceko atas juara Grand Slam bertahan dari empat percobaan setelah ia kalah dari Swiatek di Cincinnati dan Cancun musim lalu serta kalah dari Gauff di Cancun musim lalu.

Di laga yang berjalan naik turun dan total tercipta 13 peluang break point, kestabilan dan efisiensi Vondrousova di momen-momen krusial membantu sang petenis untuk melaluinya.

Sabalenka melesatkan 35 winner, jauh lebih banyak dari petenis berkebangsaan Ceko yang menghasilkan 17 winner, tetapi petenis peringkat 2 dunia juga melakukan 48 unforced error, jauh lebih banyak daripada 19 unforced error yang dilakukan petenis berkebangsaan Ceko.

Selain itu, juara Wimbledon musim 2023 mampu mengkonversi tujuh dari delapan peluang break point yang ia ciptakan, sedangkan Sabalenka mengkonversi enam dari 15 peluang break point yang ia ciptakan.

Setelah kedua petenis masing-masing mengklaim kemenangan dua dua set pertama, petenis berkebangsaan Ceko memperlihatkan kegigihan untuk mengatasi Sabalenka yang kembali menemukan permainan terbaik di set ketiga.

Petenis unggulan kedua mampu menyamakan kedudukan sebanyak dua kali setelah tertinggal dengan peluang break. Tetapi ia tidak mampu mempertahankan performa tersebut dan dengan melakukan sembilan pelanggaran ganda, servisnya semakin tidak bisa diandalkan seiring dengan berjalannya pertandingan dan harus mengakui keunggulan petenis berkebangsaan Ceko.

Demi satu tempat di final Stuttgart Open, Vondrousova akan berduel melawan petenis berkebangsaan Ukraina, Marta Kostyuk. Petenis berkebangsaan Ceko memenangkan pertemuan mereka sebelumnya di babak kualifikasi Billie Jean King Cup dengan hanya kehilangan tiga game saja.

Artikel Tag: Tenis, Stuttgart Open, Marketa Vondrousova, Aryna Sabalenka

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/marketa-vondrousova-permalukan-juara-australian-open-di-stuttgart
561  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini