Ini Alasan Iga Swiatek Lakoni Sesi Latihan Yang Tak Biasa

Penulis: Dian Megane
Selasa 08 Agu 2023, 19:02 WIB
Lakoni Sesi Latihan Yang Tak Biasa Jelang Turun Di Montreal, Ini Alasan Iga Swiatek

Iga Swiatek lakukan hal tidak biasa dalam sesi latihan jelang Canadian Open 2023 [image: Canadian Open]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Beberapa hari terakhir, para penggemar tenis dibuat penasaran dengan foto sesi latihan Iga Swiatek jelang Canadian Open di Montreal pekan ini.

Petenis peringkat 1 dunia berlatih seperti biasa di lapangan, tetapi hal yang tidak biasa dari latihan tersebut adalah fakta bahwa ada plester di mulutnya. Awalnya, akan terlihat agak aneh bahwa seseorang ingin membatasi udara yang masuk ke mulutnya saat berolahraga. Tetapi, ada penjelasan mengapa teknik yang tidak biasa tersebut digunakan.

Pelatih kebugaran petenis berkebangsaan Polandia, Maciej Ryszczuk merupakan sosok di balik ide tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk membatasi asupan oksigen terhadap sang petenis guna meningkatkan performa. Satu studi yang dilakukan terhadap sepuluh pelari yang menggunakan penafasan hidung saja selama latihan dalam periode enam bulan menemukan bahwa teknik tersebut membantu mereka mengurangi energi yang mereka gunakan.

“Lebih sulit untuk bernafas ketika anda hanya bernafas dengan hidung dan detak jantung saya akan lebih mudah naik,” ungkap Swiatek.

“Saya tidak akan menjelaskannya kepada anda dengan sempurna karena saya bukan ahli. Kadang-kadang saya tidak mendapatkan hal-hal yang mereka suruh saya lakukan, tetapi saya melakukannya untuk waktu yang lama sehingga kini menjadi cukup mudah bagi saya.”

“Tetapi yang pasti, anda bisa melihat perbedaan dalam bagaimana semua hal yang anda lakukan di lapangan semakin dan semakin sulit dengan plester di mulut anda. Jadi, saya rasa itu seperti melatih ketahanan saya dengan tidak berlari begitu cepat dan melakukan hal yang ekstrim.”

Masih belum jelas seberapa efektif metode tersebut dengan sebagian besar studi tersebut menitikberatkan pada berlari. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bernafas melalui hidung daripada mulut selama berolahraga lebih efisien karena seseorang tidak harus bekerja sekeras itu untuk mendapatkan oksigen dalam jumlah tertentu.

Sementara itu, petenis berkebangsaan Polandia merupakan petenis unggulan pertama di Canadian Open di mana ia mengincar untuk meningkatkan hasil yang lebih baik daripada 12 bulan lalu ketika ia kalah di babak ketiga turnamen tersebut melawan Beatriz Haddad Maia. Musim ini, nomor putri digelar di Montreal, di mana ia belum pernah bermain di kota tersebut sebelumnya.

Juara French Open musim 2023 saat ini mengantongi lima kemenangan secara beruntun setelah memenangkan gelar pertama di rumahnya sendiri, Poland Open di Warsawa beberapa waktu lalu.

Swiatek akan mengawali Canadian Open dengan menghadapi mantan petenis peringkat 1 dunia, Karolina Pliskova di babak kedua.

Artikel Tag: Tenis, canadian open, Iga Swiatek

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/ini-alasan-iga-swiatek-lakoni-sesi-latihan-yang-tak-biasa
545  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini