Iga Swiatek Masih Terus Dominasi Peringkat 1 Dunia

Penulis: Dian Megane
Senin 01 Apr 2024, 21:46 WIB
Iga Swiatek Masih Tetap Dominasi Peringkat 1 Dunia

Iga Swiatek di Miami musim 2024 [image: getty images]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Meskipun gagal meniru pencapaian Steffi Graf – satu-satunya petenis putri yang memenangkan Sunshine Double lebih dari satu kali – Iga Swiatek mengukuhkan statusnya sebagai petenis peringkat 1 dunia.

Petenis berkebangsaan Polandia berada dalam posisi untuk mendapatkan poin peringkat selama melakoni Miami Open karena ia absen dari turnamen WTA level 1000 tersebut pada musim lalu. Musim ini, ia hanya berhasil melenggang sampai babak keempat, di mana ia kalah dari Ekaterina Alexandrova.

Namun, karena rival terdekatnya, Aryna Sabalenka mengalami kekalahan yang bahkan lebih mengejutkan setelah kalah dari Anhelina Kalinina di babak yang sama, petenis berusia 22 tahun, Swiatek membangun keunggulan yang cukup jauh, hampir mendekati 3.000 poin.

Selain itu, Swiatek kini menghadapi jalan yang jelas untuk bisa memasuki pekan ke-100 sebagai petenis peringkat 1 dunia, pencapaian yang bisa melampaui Lindsay Davenport untuk posisi kesembilan dalam daftar petenis putri yang paling lama menghabiskan waktu sebagai petenis peringkat 1 dunia.

Sisa peringkat 5 besar masih tetap sama seperti dua pekan lalu dengan Cori Gauff berada di peringkat 3 dunia, Elena Rybakina menghuni peringkat 4 dunia, dan Jessica Pegula menduduki peringkat 5 dunia.  

Sementara petenis berkebangsaan Yunani, Maria Sakkari naik dua peringkat ke peringkat 7 dunia dan menggantikan petenis berkebangsaan Cina, Zheng Qinwen. Tidak ada petenis baru yang menghuni peringkat 10 besar setelah Miami Open musim ini selesai digelar. Petenis yang mengalami pergerakan peringkat cukup signifikan di peringkat 100 besar adalah juara Miami Open musim 2024, Danielle Rose Collins.

Petenis AS, Rose Collins secara mengejutkan mampu menundukkan petenis berkebangsaan Kazakhstan, Rybakina demi memenangkan gelar Miami Open untuk kali pertama dalam kariernya. Petenis yang mengawali turnamen tersebut dengan berada di luar peringkat 50 besar, kini naik ke peringkat 22 dunia, peringkat terbaik sang petenis dalam satu musim terakhir.

Sementara Victoria Azarenka naik ke peringkat 30 besar, tepatnya peringkat 26 dunia, setelah lolos ke semifinal di Miami. Petenis yang ia kalahkan untuk sampaai ke babak tersebut adalah Yulia Putintseva yang sudah begitu dekat untuk kembali menghuni peringkat 50 besar.

Kemerosotan peringkat Petra Kvitova yang sudah diperkirakan kini terjadi. Awal musim ini, petenis berkebangsaan Ceko mengumumkan bahwa ia tengah berbadan dua dan kini kehilangan 1.000 poin yang ia menangkan setelah menjadi juara Miami Open musim ini. Petenis berusia 34 tahun menghuni peringkat terendahnya dalam 14 musim terakhir dengan menghuni peringkat 60 dunia.

Artikel Tag: Tenis, miami open, Iga Swiatek

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/iga-swiatek-masih-terus-dominasi-peringkat-1-dunia
468  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini