Hasil US Open: Novak Djokovic Didiskualifikasi, Pablo Carreno Busta Melaju Ke Perempatfinal

Penulis: Dian Megane
Senin 07 Sep 2020, 07:02 WIB
Hasil US Open: Novak Djokovic Didiskualifikasi, Pablo Carreno Busta Melaju Ke Perempatfinal

Perjalanan Novak Djokovic di US Open 2020 berakhir dengan akhir yang tidak terduga

Berita Tenis: Pablo Carreno Busta berhasil melaju ke perempatfinal US Open musim 2020 pada hari Minggu (06/09) waktu setempat ketika lawannya, Novak Djokovic didskualifikasi karena bersikap tidak sportif.

Setelah Carreno Busta unggul dengan 6-5 di set pertama, Djokovic memukul bola yang mengenai bagian tubuh hakim garis wanita. Setelah diskusi panjang antara Djokovic dan pihak resmi turnamen, pertandingan pun dihentikan.

Djokovic tidak berbicara kepada wartawan setelah pertandingan tersebut, tetapi kemudian ia merilis pernyataan melalui media sosial.

“Seluruh situasi itu membuat saya merasa benar-benar sedih dan kosong. Saya memeriksa hakim garisnya dan pihak turnamen memberi tahu saya bahwa syukurlah ia merasa baik-baik saja. Saya benar-benar menyesal telah menyebabkan hal tidak menyenangkan baginya. Saya sama sekali tidak sengaja. Sungguh perbuatan yang salah,” jelas Djokovic.

“Terkait diskualifikasi, saya harus mengintropeksi diri, mengatasi rasa kekecewaan saya, dan mengubah itu semua menjadi pelajaran demi perkembangan dan evolusi saya sebagai petenis maupun sebagai individu. Saya sangat bersyukur kepada tim dan keluarga saya yang telah menjadi dukungan terkuat saya, serta para penggemar yang selalu ada untuk saya. Terima kasih dan saya sangat menyesal.”

Ditanya mengenai insiden tersebut, Carreno Busta menjawab, “Tentunya saya pikir hal itu tidak disengaja. Saya pikir tidak ada satu petenis pun yang berpikir bahwa hal itu disengaja. Hanya saja saat itu, anda tidak bisa melakukan hal itu, tetapi tentu saya pikir Novak tidak pernah ingin mengenai hakim garis dengan bola.”

Sementara pihak USTA dalam pernyataannya mengungkapkan, “Berdasarkan aturan Grand Slam, setelah aksinya yang dengan sengaja memukul bola secara berbahaya atau secara serampangan di atas lapangan atau memukul bola dengan mengabaikan konsekuensinya, wasit turnamen US Open mendiskualifikasi Novak Djokovic dari US Open musim 2020. Karena ia didiskualifikasi, Djokovic akan kehilangan semua poin peringkat yang didapat di US Open dan akan didenda dengan hadiah uang yang telah ia menangkan di turnamen, selain setiap atau semua denda yang akan dikenakan sehubungan dengan insiden yang melanggar.”

Djokovic mendapatkan tiga set point secara beruntun dengan servis ada di tangan Carreno Busta pada kedudukan 5-4, 40/0. Pada peluang pertama, pengembalian forehand Carreno Busta menyentuh garis yang dinilai keluar. Petenis berkebangsaan Spanyol tersebut meminta challenge dan bola ternyata menyentuh garis di area belakang baseline yang hanya berjarak beberapa millimeter saja, sehingga membuat petenis unggulan ke-20 tersebut masih bisa bertahan sebelum akhirnya ia menyamakan kedudukan menjadi 5-5.

Ketika Djokovic servis pada kedudukan 0/15 di game selanjutnya, ia jatuh secara canggung, menguatkan dirinya dengan pergelangan tangan kiri sebelum dengan cepat meraih pundak kirinya. Ia lalu meminta jeda medis untuk mendapatkan perawatan pada pundaknya sebelum kembali ke lapangan.

Setelah dipatahkan di game yang sama dan tertinggal dengan 5-6, Djokovic yang mungkin merasa frustasi memukul bola yang secara tidak sengaja mengenai hakim garis wanita yang ada di belakang lapangan, tepatnya di bagian tenggorokan, dan secara instan hakim garis tersebut terjatuh ke atas lapangan.

Dengan keputusan yang mengejutkan tersebut, Carreno Busta melaju ke perempatfinal US Open untuk kali kedua setelah pada musim 2017 ia melenggang ke semifinal sebelum kalah dari Kevin Anderson.

Tanpa kehadiran Djokovic, akan ada petenis yang menjadi juara Grand Slam untuk kali pertama di US Open musim ini. Satu-satunya petenis yang pernah menjadi finalis Grand Slam di US Open musim ini adalah Dominic Thiem dan Daniil Medvedev.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Novak Djokovic, Pablo Carreno Busta

5259  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini