Hasil US Open: Angelique Kerber Gigit Jari, Jennifer Brady Lolos Ke Perempatfinal Grand Slam Pertama

Penulis: Dian Megane
Senin 07 Sep 2020, 07:31 WIB
Hasil US Open: Angelique Kerber Gigit Jari, Jennifer Brady Lolos Ke Perempatfinal Grand Slam Pertama

Jennifer Brady

Berita Tenis: Musim penuh gebrakan bagi petenis tuan rumah, Jennifer Brady masih berlanjut setelah petenis unggulan ke-28 tersebut meloloskan diri ke perempatfinal Grand Slam untuk kali pertama dalam kariernya di US Open musim 2020.

Pencapaian tersebut Brady raih setelah ia mengukir kemenangan 6-1, 6-4 atas juara US Open musim 2016 sekaligus petenis unggulan ke-17, Angelique Kerber.

“Saya benar-benar senang bisa melenggang ke perempatfinal di sini, di US Open. Mudah-mudahan saya masih bisa terus melangkah,” seru Brady.

Petenis peringkat 41 dunia, Brady kalah di dua babak keempat Grand Slam sebelumnya, yakni di Australian Open dan US Open musim 2017. Tetapi pada pertemuan pertamanya melawan Kerber, kali ketiga menjadi keberuntungan baginya dan ia membukukan satu tempat di perempatfinal setelah bertarung selama 88 menit.

“Saya pikir saya belum benar-benar siap secara fisik maupun mental untuk melaju ke babak keempat dari dua Grand Slam dalam satu musim,” kenang Brady tentang pencapaian tersebut pada musim 2017.

“Pastinya hal ini menjadi kejutan besar bagi saya. Sejujurnya, saya tidak benar-benar percaya bahwa saya layak berada di level itu atau hal itu bisa dicapai oleh saya.”

“Jadi sejujurnya, saya belum siap secara mental maupun fisik, sebelumnya. Dan musim ini, mulai dari awal musim, saya merasa seperti petenis yang berbeda. Saya tidak menetapkan ekspektasi tinggi terhadap diri saya, tetapi tidak terkejut ketika saya bermain dengan baik dalam sebuah turnamen.”

Pencapaian menakjubkan di Grand Slam tersebut memperpanjang pencapaian luar biasa Brady lainnya pada musim 2020. Ia membuka musim 2020 dengan dua kemenangan pertama atas petenis peringkat 10 besar dan lolos ke semifinal turnamen WTA level Premier di Dubai sebelum turnamen tenis ditangguhkan karena pandemi COVID-19. Begitu turnamen dilanjutkan, ia mempertahankan momentum di awal musim tersebut dengan mengantongi gelar turnamen WTA nomor tunggal pertama dalam kariernya di Lexington bulan lalu.

Menghadapi petenis yang telah mengantongi tiga gelar Grand Slam, Kerber, Brady mematahkan servisnya dalam empat kesempatan dan ia menjadi petenis yang lebih rapi setelah menghasilkan 25 winner dengan hanya melakukan 14 unforced error. Sementara Kerber menghasilkan 16 winner, tetapi melakukan 20 unforced error. Kerber juga berjuang keras dengan servis keduanya setelah hanya memenangkan 35 persen poin dari servis tersebut.

Setelah set pertama yang berlangsung berat sebelah dengan keunggulan Brady, set kedua berlangsung sedikit lebih kompetitif. Meski Brady berhasil mempertahankan momentum dan merebut kembali keunggulan, Kerber bermain dengan baik ketika ia mengamankan peluang match point Brady pada kedudukan 3-5 dan merebut satu game lagi demi menahan laju Brady.

Meski Kerber lebih berpengalaman di turnamen sebesar Grand Slam, kali ini Brady tampil lebih apik dan ketika ia unggul 40/15 di game kesepuluh, pengembalian Kerber terlalu melebar sehingga merelakan tiket menuju perempatfinal musim 2020 menjadi milik Brady.

Melenggang ke perempatfinal Grand Slam pertama dalam kariernya tanpa kehilangan satu set pun, Brady akan bertarung melawan petenis unggulan kedelapan, Petra Martic atau petenis unggulan ke-23, Yulia Putintseva.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Jennifer Brady, Angelique Kerber

938  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini