Daniil Medvedev Termasuk Atlet Rusia Yang Terima Undangan Ke Paris

Penulis: Hanif Rusli
Selasa 02 Jul 2024, 15:40 WIB
Daniil Medvedev mencapai perempat final kompetisi tunggal di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: AP)

Daniil Medvedev mencapai perempat final kompetisi tunggal di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Komite Olimpiade Internasional (IOC) menerbitkan daftar terbaru atlet netral pada hari Senin (1/7), dengan juara tenis AS Terbuka 2021 Daniil Medvedev dan petenis nomor 22 dunia Ekaterina Alexandrova di antara 31 atlet yang telah menerima undangan.

Peraih medali emas ganda putri Tokyo, Andrey Rublev, serta sesama petenis Daria Kasatkina dan Anna Kalinskaya, termasuk di antara 12 petenis Rusia dan Belarusia yang menolak undangan untuk bertanding sebagai atlet netral di Olimpiade Paris.

Atlet dari Rusia dan Belarusia, sekutu terdekat Moskow dalam invasi Ukraina pada 2022, dilarang mengikuti Olimpiade Paris kecuali beberapa orang yang akan bertanding sebagai atlet netral tanpa bendera atau lagu kebangsaan.

Para atlet telah diperiksa dengan cermat oleh panel IOC untuk memastikan mereka tidak memiliki hubungan dengan militer.

Rusia mengecam pembatasan tersebut sebagai tindakan diskriminatif. Juru bicara kementerian luar negeri Maria Zakharova mengatakan bahwa IOC tergelincir "ke dalam rasisme dan neo-Nazisme."

Kepala Federasi Tenis Rusia Shamil Tarpishchev mengatakan bulan lalu bahwa Rublev akan absen dari Olimpiade karena alasan kesehatan. Peraih medali perak tunggal putri Tokyo, Karen Khachanov dan Liudmila Samsonova, juga telah menolak kesempatan untuk bermain.

Petenis Belarusia asal AS, Victoria Azarenka, yang meraih emas ganda dan perunggu tunggal di London pada tahun 2012, telah menerima undangan.

Juara Australia Terbuka, Aryna Sabalenka, juga dari Belarusia belum menerima atau menolak, namun ia mengundurkan diri dari Wimbledon pada hari Senin karena cedera bahu.

Pesenam Ivan Litvinovich, yang memenangkan emas untuk Belarusia di cabang trampolin di Tokyo tiga tahun lalu, dan atlet kano Rusia Alexey Korovashkov, peraih medali perunggu di London, juga termasuk di antara para atlet yang telah menerima undangan IOC.

Olimpiade Paris berlangsung dari 26 Juli-11 Agustus, dengan turnamen tenis berlangsung dari 27 Juli-4 Agustus di Roland Garros, tempat berlangsungnya Prancis Terbuka.

Berbicara sebelum pertandingan pembuka di Indian Wells pada hari Jumat, Daniil Medvedev mengatakan bahwa ia tidak sabar untuk bermain di Olimpiade setelah pengalaman positif di Tokyo tiga tahun lalu ketika ia mencapai perempat final kompetisi tunggal.

"Jika saya bisa, saya akan berada di sana," kata Daniil Medvedev kepada wartawan. "Saya akan bermain di nomor tunggal dan ganda.

"Ketika saya berada di Tokyo, itu pengalaman yang luar biasa. Itu mungkin salah satu kenangan terbesar dalam kehidupan olahraga saya, yang membuat saya terkejut karena dalam tenis, kita cenderung berpikir bahwa Grand Slam lebih penting.

"Tentang bendera netral, saya akan mengikuti aturan. Jika di bawah bendera netral, saya akan bermain di bawah bendera netral dan saya akan mencoba bersaing di sana, menunjukkan permainan tenis yang bagus dan mencoba untuk menang, pastinya," pungkas Daniil Medvedev.

Para pemain Rusia dan Belarusia sudah berkompetisi di tur ATP dan WTA sebagai petenis netral.

Artikel Tag: Daniil Medvedev

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/daniil-medvedev-termasuk-atlet-rusia-yang-terima-undangan-ke-paris
1279  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini