Cetak Serangkaian Kesuksesan, Iga Swiatek Debut Di Peringkat 10 Besar

Penulis: Dian Megane
Senin 17 Mei 2021, 19:45 WIB
Iga Swiatek huni peringkat 9 dunia

Iga Swiatek ketika beraksi di Italian Open 2021

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Polandia, Iga Swiatek mengantongi gelar ketiga dalam tujuh bulan terakhir usai menangkan final Italian Open tanpa kehilangan satu set pun.

Swiatek mengklaim gelar turnamen WTA pertama sekaligus gelar Grand Slam pertama dalam kariernya di French Open musim 2020 (mengalahkan Sofia Kenin) dan awal musim ini, ia menjadi juara Adelaide International (mengalahkan Belinda Bencic).

Menginjak usia 19 tahun, petenis berkebangsaan Polandia menjadi petenis belia keempat yang memenangkan gelar turnamen WTA level 1000 setelah Victoria Azarenka (Miami Open musim 2009), Belinda Bencic (Rogers Cup, Toronto musim 2015), dan Bianca Andreescu (BNP Paribas Open, Indian Wells musim 2019 dan Rogers Cup, Toronto musim 2019).

Dengan memenangkan gelar Italian Open musim ini, Swiatek debut di peringkat 10 besar dan menjadi petenis belia keenam yang mencatatkan prestasi tersebut sejak musim 2008, bergabung dengan Andreescu, Bencic, Azarenka, Caroline Wozniacki, dan rekan senegaranya, Agnieszka Radwanska.

Sebelum memenangkan French Open pada Oktober musim lalu, Swiatek menghuni peringkat 54 dunia dan kini ia menduduki peringkat 9 dunia.

Sementara itu, untuk kali pertama sejak 26 Agustus 2019, mantan petenis peringkat 2 dunia, Vera Zvonareva kembali menempati peringkat 100 besar. Petenis berusia 36 tahun melaju ke babak ketiga Italian Open musim ini sebagai qualifier, termasuk menundukkan petenis peringkat 10 dunia, Petra Kvitova. Kemenangan tersebut menjadi kemenangan pertama atas petenis peringkat 10 besar di clay-court dalam 11 musim terakhir (Charleston musim 2010, mengalahkan petenis peringkat 2 dunia, Wozniacki).

Dengan mendapatkan 135 poin di Italian Open, petenis berkebangsaan Rusia, Zvonareva naik 17 peringkat dari peringkat 113 dunia menjadi peringkat 96 dunia.

Petenis lain yang mengalami kenaikan peringkat adalah juara French Open musim 2017, Jelena Ostapenko. Petenis berkebangsaan Latvia melenggang ke perempatfinal Italian Open musim ini usai mengalahkan Johanna Konta, Ajla Tomljanovic, dan Angelique Kerber sebelum kalah dari Karolina Pliskova. Berkat hasil tersebut, peringkatnya meningkat dari peringkat 49 dunia menjadi peringkat 41 dunia.

Petenis berusia 17 tahun, Cori Gauff juga mencetak prestasi sendiri dengan debut di peringkat 30 besar setelah melaju ke semifinal Italian Open sebelum kalah dari Swiatek. Sebelumnya ia menghuni peringkat 35 dunia dan kini ia berada di peringkat 30 dunia. Dengan peringkat tersebut, ia akan menjadi petenis unggulan di French Open musim ini.

Artikel Tag: Tenis, Italian Open, Iga Swiatek, Vera Zvonareva, Cori Gauff

707  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini