Azarenka Tolak Pertanyaan Terkait Ini Usai Terdepak Dari Australian Open

Penulis: Dian Megane
Rabu 10 Feb 2021, 07:56 WIB
Victoria Azarenka gagal melalui babak pertama Australian Open 2021

Victoria Azarenka ketika tampil di babak pertama Australian Open 2021

Berita Tenis: Victoria Azarenka menyuarakan perubahan aturan tentang petenis yang tidak perlu mengungkapkan kondisi kesehatan mereka secara detail setelah ia tersingkir dari Australian Open musim 2021.

Petenis unggulan ke-12 secara mengejutkan kalah dari petenis AS, Jessica Pegula dengan 7-5, 6-4, sehingga untuk kali kedua dalam tiga musim terakhir ia kalah di babak pertama Australian Open.

Di sepanjang pertandingan, mencuat kekhawatiran tentang kondisi kesehatan petenis yang telah dua kali menjuarai Australian Open setelah ia meminta jeda untuk alasan medis di set kedua karena ia mengalami masalah dengan pernafasannya. Ia juga terlihat menggunakan inhaler selama pergantian.

Terlepas dari masalah yang terlihat menyebabkan ketidaknyamanan terhadapnya, petenis berkebangsaan Belarusia menolak untuk menjelaskan masalah sebenarnya selama konferensi pers. Ia berdebat bahwa petenis seharusnya memiliki hak privasi. Saat pertandingannya berlangsung, suhu hari tersebut berada di kisaran 22 derajat Celcius.

“Saya tidak begitu tahu mengapa kami ditanyai tentang kondisi kesehatan, karena semua itu akan keluar di internet setelah orang-orang membicarakannya, menghakiminya,” ungkap Azarenka.

“Saya benar-benar tidak pernah mengerti aturan, mengapa ketika seseorang sakit, cedera, atau apa pun, mereka harus memberikan alasan medis. Saya pikir hal itu harus berubah, kecuali sang petenis mau membicarakan tentang hal itu, maka mereka bisa. Tetapi, seharusnya tidak menjadi kewajiban bagi seseorang untuk membicarakan tentang kondisi kesehatan mereka.”

Mantan petenis peringkat 1 dunia merupakan salah satu dari 72 petenis yang harus menjalani karantina ketat setelah salah satu penumpang di penerbangannya dinyatakan positif COVID-19. Ia mengakui bahwa karantina tersebut mempengaruhi performanya, tetapi ia menolak menyalahkan hal itu sepenuhnya.

“Saya kecewa bahwa saya tidak bisa tampil seperti yang saya tahu saya bisa. Cukup sulit untuk menerima hasil kali ini, karena saya tahu saya bisa bermain dengan lebih baik, jauh lebih baik. Di waktu yang sama, saya merasa saya telah mencoba segala hal yang bisa saya lakukan untuk mempersiapkan diri, tetapi sayangnya hal itu tidak bekerja dengan baik bagi saya,” jelas Azarenka.

Petenis yang juga kalah di babak pertama Australian Open musim 2019 menyatakan bahwa masalah terbesar selama karantina adalah tidak bisa mendapatkan udara segara selama 14 hari. Ia diharuskan mendekam di dalam kamar dan tidak bisa keluar kamar untuk berlatih di lapangan.

“Saya tidak akan duduk di sini dan berpikir, haruskah saya datang ke Australia, haruskah saya tidak datang. Itu membuang-buang waktu. Saya datang ke sini. Apa pun yang terjadi, telah terjadi. Saya kalah di pertandingan saya. Kehidupan masih berlanjut,” tukas Azarenka.

Untuk kali pertama sejak Lexington Open pada Agustus musim lalu, Azarenka kalah di laga pembuka sebuah turnamen.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Victoria Azarenka

492  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini