Australia Jejakkan Kaki Di Semifinal Billie Jean King Cup

Penulis: Dian Megane
Jumat 11 Nov 2022, 17:03 WIB
Australia kukuhkan diri jadi semifinalis Billie Jean King Cup 2022

Ajla Tomljanovic [image: getty images]

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Untuk kali kedua secara beruntun, Australia menjejakkan kaki di semifinal Billie Jean King Cup, tetapi pada musim 2022 terasa berbeda. Ada keyakinan yang semakin berkembang bahwa mereka mampu mengukuhkan diri sebagai juara.

Petenis berkebangsaan Australia, Storm Sanders memberikan awal positif berkat kemenangan telak 6-2, 6-2 atas petenis berkebangsaan Belgia, Alison van Uytvanck. Kemenangan tersebut diikuti dengan kesuksesan Ajla Tomljanovic yang unggul dengan 4-6, 6-4, 3-0 melawan Elise Mertens.

Tidak berhenti sampai di sana, Sanders dan seniornya, Sam Stosur tampil tanpa ampun ketika membantai tim Belgia, Ysaline Bonaventure dan Kirsten Flipkens dengan 6-4, 6-3.

“Saya merasa kami berada di posisi yang lebih baik ketika lolos ke semifinal musim ini,” seru Tomljanovic setelah menempatkan Australia unggul 2-0 atas Belgia di Grup B.

“Saya pikir kami merasa percaya diri, kami merasa yakin bahwa kami bisa menang, sementara musim lalu, kami merasa seperti, ‘Wah, kami lolos ke semifinal, sungguh pencapaian yang mengagumkan’. Musim ini terasa sedikit berbeda. Kami telah memperlihatkan beberapa permainan luar biasa agar kami bisa berada di sini. Ya, terasa luar biasa bisa berada di posisi ini.”

Transformasi Tomljanovic menjadi bagian besar dari alasan mengapa Australia menjadi pesaing utama di Billie Jean King Cup musim 2022 yang digelar di Glasgow. 12 bulan lalu, ia tidak merasa 100 persen yakin di Praha dan ia tidak pernah benar-benar memberikan ancaman kepada petenis berkebangsaan Swiss, Belinda Bencic di semifinal. Tetapi 12 bulan setelah itu, ia berada dalam kondisi puncak setelah ia memenangkan 23 dari 32 pertandingan terakhir yang ia lakoni, melenggang ke perempatfinal Grand Slam secaara beruntun, dan naik ke peringkat tertinggi dalam kariernya sampai saat ini, peringkat 33 dunia.

Setelah kedua petenis masing-masing mengklaim kemenangan di dua set pertama, Mertens sempat mendapatkan perawatan pada bahunya di antara kedua set dan setelah tertinggal dengan 0-3 di set penentu, ia memilih untuk mundur, mengetahui bahwa hanya kemenangan dua set langsung yang bisa memberikan Belgia peluang lolos ke semifinal.

“Kuncinya adalah tidak menyerah,” tambah Tomljanovic. “Hal itu yang saya pikir menjadi perhatian pekan ini. Semuanya tentang menemukan jalan dan tidak pernah berpikir bahwa itu sudah berakhir. Tidak pernah ada kata terlambat. Di setiap pertandingan, anda belajar sesuatu yang baru dan itu menjadi konfirmasi bahwa anda tidak pernah menyerah.”

Sementara Sanders yang juga tampil impresif mengungkapkan, “Saya benar-benar bangga dengan diri saya sendiri. Ketika kapten tim mengatakan bahwa saya akan melakoni nomor tunggal lagi, saya bersemangat. Saya pikir saya hanya bermain dengan baik di bawah tekanan. Di satu titik, saya merasa selalu yakin bahwa saya bisa tampil di level ini. Tentunya mewakili negara anda adalah hal yang berada di level yang berbeda. Saya pastinya senang bermain demi Australia. Bagi saya itu kehormatan terbesar. Saya pikir hal itu membantu saya mengerahkan kemampuan terbaik saya.”

Artikel Tag: Tenis, Billie Jean King Cup, Ajla Tomljanovic, Storm Sanders, Elise Mertens

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/australia-jejakkan-kaki-di-semifinal-billie-jean-king-cup
874  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini