Alize Cornet Akhiri Karier Setelah Ukir Rekor Partisipasi Grand Slam ke-69

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 29 Mei 2024, 22:17 WIB
Alize Cornet berpose dengan trofi untuk memperingati turnamen terakhir dalam karier profesionalnya. (Foto: AP)

Alize Cornet berpose dengan trofi untuk memperingati turnamen terakhir dalam karier profesionalnya. (Foto: AP)

Ligaolahraga.com -

Karier Alize Cornet berakhir pada hari Selasa (28/5) setelah penampilannya yang ke-69 kali berturut-turut di turnamen Grand Slam, yang kebetulan terjadi di Prancis Terbuka: turnamen di mana ia memulai debutnya pada usia 15 tahun dan pernah menjadi ball girl.

Petenis putri asal Prancis itu bukan tandingan bagi runner-up Australia Terbuka asal China, Zheng Qinwen, di Court Philippe Chatrier pada putaran pertama, kalah 6-2, 6-1.

Alize Cornet memulai debutnya di Roland Garros pada 2005 dan tidak pernah absen di turnamen Grand Slam sejak AS Terbuka 2006. Penampilan beruntun petenis berusia 34 tahun ini di turnamen Grand Slam memecahkan rekor wanita sebelumnya yaitu 62 kali penampilan oleh Ai Sugiyama dari Jepang.

“Secara emosional itu tidak mudah. Beberapa hari saya sangat bersemangat untuk pensiun dan beberapa hari lainnya saya sangat takut dan tidak yakin. Jadi secara keseluruhan, saya merasa tenang hari ini tentang hal itu, dan saya sangat senang dengan keputusan itu.” kata Cornet tentang keputusannya untuk pensiun setelah berkarier selama 20 tahun.

Alize Cornet mencapai peringkat tertinggi dalam kariernya di urutan ke-11 pada 2009 dan secara mengejutkan melaju ke perempat final Australia Terbuka 2022, mengalahkan Simona Halep dalam perjalanannya.

Kariernya juga akan dikenang karena tiga kemenangan beruntun atas Serena Williams pada 2014 - termasuk menyingkirkan juara Grand Slam 23 kali itu dari Wimbledon pada putaran ketiga.

“Perempat final di Australia adalah sumber dari banyak emosi,” katanya saat mencapai babak delapan besar di turnamen Grand Slam untuk pertama kalinya pada percobaan ke-63.

“Kemenangan saya atas Serena sangat kuat, intens, dan merupakan sumber kegembiraan yang luar biasa. Tapi perempat final, saya telah mengejar perempat final ini untuk waktu yang lama, dan juga menang melawan Simona Halep dengan semangat seperti itu, itu luar biasa. “Saya pikir saya akan mengingatnya.”

Cornet mengakhiri kariernya di kandang sendiri dengan penampilan ke-20 di Prancis Terbuka.

Alize Cornet juga pernah menjadi ball girl di turnamen tersebut saat masih kecil, termasuk untuk pertandingan yang menampilkan mantan petenis nomor satu dunia Amelie Mauresmo, yang kini menjabat sebagai direktur turnamen yang memberinya penghargaan pada hari Selasa.

“Sangat menyenangkan,” katanya tentang pengalamannya menjadi ball girl. “Itu adalah pengalaman pertama di mana saya dekat dengan para pemain. Ketika saya mengingatnya kembali sekarang, Amelie Mauresmo menyerahkan trofi akhir karier saya, dan dia selalu ada di sana. Saya memikirkan semua perjalanan di belakang saya.”

Satu-satunya pertemuan Cornet dengan Zheng sebelumnya adalah saat ia mengundurkan diri karena cedera dalam pertandingan ronde ketiga mereka di Paris dua tahun lalu, ketika ia tertinggal 6-0, 3-0. Ia mengakui bahwa ia takut akan keluar dengan catatan buruk ketika ia kembali tertinggal 4-0 pada set pertama.

“Saya tidak ingin mengakhiri karier saya dengan kekalahan yang begitu buruk. Tapi kemudian ketika saya menjalani pertandingan pertama saya, saya berhasil kembali ke jalur yang benar. Yah, saya tetap saja kalah. Bukan berarti saya menang dengan cara apa pun, tetapi itu lebih baik daripada 6-0, 6-0,” pungkas Alize Cornet.

Artikel Tag: Alize Cornet

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/alize-cornet-akhiri-karier-setelah-ukir-rekor-partisipasi-grand-slam-ke-69
1023  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini