Zinedine Zidane Akan Berikan Sinyal Start Untuk Balapan Le Mans 24 Hours

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 29 Mei 2024, 23:12 WIB
Zinedine Zidane akan bergabung dengan daftar tamu bergengsi yang memulai balapan Le Mans 24 Hours, termasuk Rafael Nadal pada 2018, Steve McQueen pada 1971, dan LeBron James tahun lalu. (Foto: Racing World)

Zinedine Zidane akan bergabung dengan daftar tamu bergengsi yang memulai balapan Le Mans 24 Hours, termasuk Rafael Nadal pada 2018, Steve McQueen pada 1971, dan LeBron James tahun lalu. (Foto: Racing World)

Ligaolahraga.com -

Legenda sepak bola Prancis, Zinedine Zidane, akan memberikan sinyal start resmi untuk edisi ke-92 Le Mans 24 Hours pada 15 Juni pukul 16.00 waktu Prancis, demikian diumumkan oleh penyelenggara balapan ketahanan paling bergengsi di dunia ini.

"24 Hours of Le Mans" adalah balapan ketahanan tahunan yang diselenggarakan pada bulan Juni di Circuit de la Sarthe dekat Le Mans, Prancis. Tahun ini, balapan itu akan menampilkan legenda sepak bola Prancis, Zinedine Zidane, bintang Piala Dunia FIFA 1998, yang diselenggarakan dan dimenangkan oleh Prancis untuk pertama kalinya.

“Zinedine Zidane, yang dianggap sebagai salah satu olahragawan terhebat Prancis dan salah satu pesepakbola terbaik dalam sejarah sepak bola, dinobatkan sebagai starter resmi Le Mans 24 Hours ke-92,” kata Automobile Club de l'Ouest (ACO) dalam sebuah pernyataan.

Runner-up Piala Dunia FIFA 2006 itu, yang kalah dari Italia 5-3 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal, bergabung dengan daftar tamu bergengsi yang memulai balapan ketahanan, termasuk Rafael Nadal dari Spanyol pada 2018, Steve McQueen pada 1971, dan LeBron James tahun lalu.

“Le Mans 24 Hours sangat unik. Ini adalah balapan ikonik bagi semua orang yang menyukai motorsport, bagi orang-orang di seluruh dunia,” ujar putra dari orang tua Aljazair yang lahir 51 tahun yang lalu di La Castellane, Marseille, Prancis.

“Ini adalah sumber kebanggaan yang luar biasa bagi Prancis. Pikiran saya dipenuhi dengan gambar-gambar balapan, para pembalap legendaris, kisah-kisah luar biasa... meskipun itu hanya gambar dari televisi atau adegan film”

“Berada di sana akan menjadi pengalaman baru bagi saya dan, seperti yang Anda duga, saya merasa sangat terhormat,” tambah mantan pemain Juventus di Italia dan Real Madrid di Spanyol, di antara klub-klub top Eropa lainnya.

Presiden ACO, Pierre Fillon, menggambarkan Zinedine Zidane sebagai “seorang ikon, seorang olahragawan yang bakatnya menginspirasi banyak generasi penggemar”, sebelum menambahkan: “Kami tidak bisa mengharapkan starter yang lebih bergengsi.

Balapan 24 jam ini akan dimulai pada 15 Juni pukul 16.00 dan berakhir keesokan harinya pada waktu yang sama. Balapan ini akan berlangsung di sebelah barat laut Le Mans dan akan diikuti oleh 62 mobil. Tahun ini juga akan menjadi istimewa karena kembalinya beberapa pabrikan terkenal di kelas Hypercar: Alpine, BMW, Cadillac, Ferrari, Lamborghini, Peugeot, Porsche, dan Toyota.

Sepanjang sejarah, telah ada 91 edisi Le Mans 24 Hours. Yang pertama berlangsung pada 1923 dengan total lebih dari 30 mobil yang ikut serta.

Edisi terbaru berlangsung pada 2023 dan dimenangkan oleh Ferrari (setelah 58 tahun absen) dengan trio pembalap Italia Antonio Giovinazzi dan Alessandro Pier Guidi serta pembalap Inggris James Calado, mengalahkan Toyota (pemenang 5 tahun sebelumnya).

Artikel Tag: Zinedine Zidane, Le Mans 24 Hours

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/zinedine-zidane-akan-berikan-sinyal-start-untuk-balapan-le-mans-24-hours
550  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini