Sah! Kota Brisbane Resmi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 22 Jul 2021, 09:30 WIB
Logo Olimpiade dan Paralimpiade Brisbane 2032

Logo Olimpiade dan Paralimpiade Brisbane 2032

Ligaolahraga.com -

Berita Olahraga: Kota Brisbane di Negara Bagian Queensland, Australia, resmi terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas 2032 lewat pemungutan suara dalam Sidang Komite Olimpiade Internasional (IOC) ke-138 pada Rabu (21/7) di Tokyo, Jepang. Dalam voting tersebut, delegasi IOC memberikan 72 suara setuju, lima menentang dan tiga abstain.

Ini ketiga kalinya Australia akan menjadi tuan rumah Olimpiade setelah Melbourne pada 1956 dan Sydney pada 2000, yang dianggap sebagai salah satu penyelenggaraan Olimpiade tersukses. Ini juga kali pertama sebuah kota memenangkan hak tuan rumah tanpa persaingan. Pasalnya, Brisbane menjadi satu-satunya kandidat yang diajukan IOC bulan lalu.

Pengumuman ini disambut dengan penuh kegembiraan oleh delegasi Australia di Tokyo yang dipimpin langsung oleh Annastacia Palaszczuk, kepala pemerintahan Negara Bagian Queensland. Perayaan tak kalah meriah terjadi di Brisbane dengan kembang api menghiasi angkasa dan ribuan orang yang berkumpul menunggu voting pun menggila. "Kita berhasil, Queensland! Kita berhasil, Brisbane!" kata Palaszczuk.

Meski begitu, tidak semua orang di Queensland bergembira dengan pengumuman ini. Sejumlah anggota parlemen Queensland mengecam terpilihnya Brisbane sebagai tuan rumah ajang besar ini. Pasalnya, uang untuk menggelar pesta olahraga tersebut lebih baik digunakan untuk membangun jalan, sekolah dan rumah sakit. Diperkirakan 5 miliar dolar AS (sekitar Rp 72,5 triliun) akan dihabiskan untuk gelaran ini.

Namun, dalam analisis yang dilakukan oleh KPMG, penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di dunia ini akan memberikan manfaat ekonomi yang sangat besar, yakni 8,1 miliar dolar AS (sekitar Rp 117,5 triliun) pada ekonomi Queensland dan 17,6 miliar dolar AS (sekitar Rp 255 triliun) pada ekonomi Australia. Selain itu, lebih dari 100 ribu lapangan pekerjaan akan tercipta.

Olimpiade 2032 diusulkan digelar pada 23 Juli sampai 8 Agustus 2032. Total 32 lokasi pertandingan untuk 28 cabang olahraga akan digelar di tiga zona, yakni Brisbane, Gold Coast, dan Sunshine Coast. Ada pula lokasi pertandingan di area-area regional dan kota-kota Australia lainnya seperti Cairns, Toowoomba, Townsville, Sydney dan Melbourne.*

Artikel Tag: olimpiade, olimpade 2032, olimpiade brisbane 2032

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/sah-kota-brisbane-resmi-tuan-rumah-olimpiade-2032
642  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini