Presiden IOC Thomas Bach Serukan Persatuan dalam Olahraga di Forum IF

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 15 Nov 2023, 09:38 WIB
Presiden IOC Thomas Bach berpidato di hadapan para peserta Forum Federasi Internasional (IF) 2023 di Lausanne, Swiss. (Foto: IOC)

Presiden IOC Thomas Bach berpidato di hadapan para peserta Forum Federasi Internasional (IF) 2023 di Lausanne, Swiss. (Foto: IOC)

Ligaolahraga.com -

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menekankan pentingnya persatuan di dunia olahraga di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik. Hal itu dia sampaikan saat menyambut para peserta Forum Federasi Internasional (IF) 2023 di Lausanne, Swiss, pada Senin (13/11).

Berbicara di Museum Olimpiade, Bach menyoroti kemampuan olahraga untuk menyatukan orang-orang, terutama selama masa perpecahan. Ia menekankan pentingnya solidaritas dalam mengatasi tantangan global yang dihadapi dunia olahraga saat ini.

"Ketegangan geopolitik saat ini sangat kompleks. Pada saat seperti ini, kekuatan pemersatu olahraga menjadi lebih penting daripada sebelumnya," kata Thomas Bach. "Untuk menjadi kekuatan pemersatu, penting bagi kita semua untuk bersatu."

"Saat ini, jutaan orang di seluruh dunia merindukan kekuatan pemersatu yang menyatukan kita semua di dunia yang penuh dengan konflik ini. Peran kami jelas: untuk menyatukan - dan tidak memperdalam perpecahan. Oleh karena itu, kami memikul tanggung jawab penting - untuk berdiri bersama demi kekuatan olahraga dan mewujudkan misi bersama kami untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik melalui olahraga."

Thomas Bach kemudian menyatakan bahwa Olimpiade Paris 2024 mendatang dapat menjadi "simbol persatuan dan perdamaian," yang mampu menyatukan dunia. "Kita semua memiliki harapan yang sama dengan jutaan orang di seluruh dunia," katanya.

"Mereka semua harus mengalami begitu banyak perpecahan dan konfrontasi dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka merindukan sesuatu yang menyatukan kita, sesuatu yang memberi kita harapan, sesuatu yang memberi kita optimisme. Setelah pandemi, orang-orang rindu untuk bersatu kembali."

Presiden IOC juga membahas masa depan yang akan datang di dunia digital, di mana kemajuan pesat dalam AI dan olahraga menghadirkan peluang dan tantangan bagi Gerakan Olimpiade.

Thomas Bach memberi tahu para peserta tentang misi Komisi Esports IOC yang baru dibentuk, yang diketuai oleh Anggota IOC dan Presiden Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) David Lappartient, untuk mengeksplorasi penciptaan Olimpiade Esports.

Bach menjelaskan bahwa ada dua prinsip yang telah ditetapkan: "Yang pertama adalah: setiap kali ada IF yang terlibat dalam esports, IF ini akan menjadi mitra pertama kami. Prinsip kedua adalah: kami akan kembali fokus pada nilai-nilai kami dan kami akan tetap setia pada nilai-nilai kami - nilai-nilai Olimpiade yaitu perdamaian, rasa hormat, non-diskriminasi, dan solidaritas - yang telah memandu kami selama lebih dari satu abad.”

"Nilai-nilai kami adalah dan tetap menjadi garis merah yang tidak akan kami lewati. Setiap perkembangan dalam esports akan dipandu oleh dua prinsip ini dan akan dipandu oleh penghormatan terhadap nilai-nilai ini," tandas Bach.

Thomas Bach menunjukkan peluang signifikan yang dihadirkan AI, mencatat potensinya untuk mengubah banyak aspek olahraga.

"AI akan mengubah hidup kita dan akan mengubah olahraga. Hal ini sudah terjadi di beberapa cabang olahraga. Bayangkan saja 'VAR' dalam sepak bola atau 'Hawk-Eye' dalam tenis. AI memiliki potensi untuk merevolusi pelatihan para atlet. AI memiliki potensi untuk merevolusi penjurian dan perwasitan; penyiaran olahraga dan pengalaman penonton; penyelenggaraan acara olahraga; dan masih banyak lagi," ujarnya

IOC telah membentuk sebuah kelompok kerja yang terdiri dari para ahli untuk memandu organisasi terkait AI. Bach mengundang IF untuk menyumbangkan wawasan mereka dalam diskusi ini.

Pidato Thomas Bach meresmikan Forum IF yang berlangsung selama tiga hari di Museum Olimpiade, yang mengumpulkan 300 pemimpin dari lebih dari 125 IF.

Bertemakan "Sport (R)evolution", acara tahun ini bertujuan untuk membahas isu-isu transformatif dalam lingkungan operasional IF, dengan wawasan dari para pakar industri dan pengambil keputusan yang berpengaruh dalam gerakan olahraga global.

Mengulangi seruannya untuk persatuan, Thomas Bach menggarisbawahi bahwa gerakan olahraga dapat memanfaatkan perkembangan seperti AI dan esports hanya melalui upaya kolektif.

"Jika kita terus bersatu dan jika kita berdiri bersama, maka kita memiliki banyak alasan untuk optimistis tentang masa depan olahraga. Di IF Forum ini, Anda memiliki kesempatan untuk menentukan arah untuk masa depan ini," katanya.

"Persatuan kita adalah kekuatan kita. Kita dapat memanfaatkan potensi revolusi digital hanya melalui kolaborasi dan berbagi pengetahuan. Dengan banyaknya diskusi di IF Forum ini yang berfokus pada dampak teknologi yang semakin cepat terhadap olahraga, saya sangat ingin mendengar perspektif Anda dan menyambut baik kontribusi Anda, sehingga kita dapat bergabung bersama.

"Dengan cara ini, kita menghidupkan moto Olimpiade kita - kita bisa melaju lebih cepat, kita akan membidik lebih tinggi, kita akan menjadi lebih kuat - bersama-sama."

Forum IF akan berakhir pada hari Rabu (15/11).

Artikel Tag: thomas bach

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/presiden-ioc-thomas-bach-serukan-persatuan-dalam-olahraga-di-forum-if
1515  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini