Pembangunan Venue PON 2024 Telah Rampung 90 Persen

Penulis: Senja Hanan
Selasa 02 Apr 2024, 22:01 WIB
Pembangunan Venue PON 2024 Telah Rampung 90 Persen

Pembangunan Venue PON 2024 Telah Rampung 90 Persen

Ligaolahraga.com -

Berita PON: Pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di wilayah Sumatera Utara rampung 90 persen. Hal itu diungkapkan Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

KONI Pusat meninjau sejumlah venue di wilayah Sumatera Utara yang akan digunakan untuk PON 2024 di antaranya Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Martial Arts Arena dan Stadion Utama Sumatera Utara.

“Pembangunan Venue yang kami lihat tadi progresnya 90%,” kata Ketum KONI Pusat Marciano Norman dalam keterangan pers, Selasa.

Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center secara keseluruhan venue sudah dalam kondisi baik dan kualitas pembangunannya bagus. Sedangkan Martial Arts Arena telah dalam kondisi rampung dan siap digunakan.

Stadion Utama Sumatera Utara yang akan menjadi lokasi penutupan PON 2024 oleh Wapres RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin tersebut sejauh ini 33 persen telah rampung Stadion Utama Sumatera Utara yang merupakan dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan kapasitas mampu menampung 25.750 penonton dengan Royal Lounge untuk VVIP dan sudah menggunakan teknologi ramah lingkungan, yakni Solar Panel. Teknologi hijau itu mampu memberikan dampak efisiensi listrik 7%/tahun. “Stadion Utama yang dibangun oleh PUPR memang tahapannya hari ini baru 26%, tetapi ada kemajuan 7% sehingga capaiannya 33%.,” terangnya. “Perkiraan Stadion Utama itu akan selesai nanti pada bulan Agustus, tetapi diharapkan akhir Juli sudah selesai sehingga bisa dipakai untuk persiapan-persiapan lainnya.,” sambungnya merujuk pada test event. Juli 2024, tepatnya pertengahan merupakan target yang juga ditetapkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, kala meninjau Aceh 27 Maret 2024. Usai melihat stadion utama, rombongan menuju Gedung Bowling Disporasu. Percobaan memainkan boling pun dilakukan oleh rombongan dan terbukti venue sudah siap. “Saya optimistis Sumatera Utara bisa menepati waktu untuk penyelesaian venue-venuenya," kata Marciano. “Sekarang KONI Pusat dengan PB.PON XXI wilayah Sumatera Utara, kita melaksanakan rapat koordinasi tentang teknis penyelenggaraan PON 2024,” tambahnya.

Artikel Tag: PON 2024, venue, KONI

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/pembangunan-venue-pon-2024-telah-rampung-90-persen
299  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini