Lifter Rizki Juniansyah Juara dan Ukir Rekor di Kejuaraan Dunia Remaja

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Selasa 17 Nov 2020, 14:30 WIB
Lifter Rizki Juniansyah Juara dan Ukir Rekor di Kejuaraan Dunia Remaja Virtual 2020

Rizki Juniansyah via PP PABBSI

Berita Atletik: Lifter Rizki Juniansyah membuat prestasi membanggakan untuk Indonesia, usai juara dan cetak rekor di Kejuaraan Dunia Remaja Virtual 2020.

Rizki berhasil merengkuh seluruh medali emas yaitu tiga emas dalam kejuaraan dengan tuan rumah, Lima, Peru, yang berlangsung hari Minggu (14/11/2020) lalu. Torehan itu juga membuatnya berhasil memenuhi target pribadi.

Rizki Juniansyah berhasil unggul jauh dari para kompetitornya, dengan catatan snatch 145 kg, cleand and jerk 180 kg, serta total angkatan 325 kg. Dirinya juga melampaui rekor dunia remaja kelas 73 kg.

Dengan torehan di atas, lifter Indonesia itu mempertajam rekornya. Untuk snatch sebelumnya ia mencatat 139 kg (jadi 145 kg), lalu clean and jerk sebelumnya 171 kg (jadi 180 kg), dan total angkatan sebelumnya 307 kg (jadi 325 kg).

Sempat gagal dalam angkatan snatch 150 kg dan angkatan ketiga clean and jerk 185 kg, membuat Juniansyah merasa masih ada yang perlu ditingkatkan meski puas dengan hasil kejuaraan yang pertama kali digelar secara online tersebut.

"Saya tidak mau kemenangan sampai di sana saja. Ada beberapa yang masih harus saya perbaiki misalnya angkatan clean and jerk harus tembus 185 kg," tegas remaja 17 tahun tersebut dikutip dari Jawa Pos.

Walau begitu, pelatih Dirdja Wihardja menyebut torehan lifter Rizki Juniansyah sudah cukup baik. Bahkan menurutnya mendekati level senior, walau tetap masih ada yang bisa diperbaiki.

"Dasar-dasarnya harus diperbaiki lagi. Misalnya penguatan otot-otot pinggangya. Dilihat dari hasil kemarin, sebenarnya masih bisa lebih dari itu, tapi ini sudah bagus," tutur Dirdja dikutip dari Jawa Pos.

Sebelum Rizki Juniansyah, lifter Indonesia lainnya Muhammad Faathir terlebih dahulu mengukir prestasi di Kejuaraan Dunia Remaja Virtual 2020, Jumat (13/11) dengan merebut dua medali emas.

Dua emas tersebut diraih Faathir pada kategori clean and jerk dengan catatan 150 kg, dan total angkatan (263 kg), selain itu lifter 16 tahun tersebut mencatat snatch 113 kg.

Artikel Tag: Rizki Juniansyah, Indonesia, Kejuaraan Dunia Remaja Virtual 2020, Muhammad Faathir

554  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini