Komite Olimpiade Ekuador Mulai Program Dukungan untuk Atlet Olimpiade Tokyo

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Senin 22 Feb 2021, 13:30 WIB
Komite Olimpiade Ekuador Mulai Program Dukungan untuk Atlet Olimpiade Tokyo

Liuba Zaldivar Atlet Triple Jump Ekuador via Getty Images

Berita Atletik : Komite Olimpiade Ekuador (COE) telah memulai program dukungan mereka untuk para atlet, yang akan bersaing di ajang Olimpiade Tokyo 2020 pada tahun 2021 ini.

Program COE yang dibiayai oleh dana dari Panam Sports dan Olympic Solidarity, dibuat untuk memberi keuntungan para atlet di bidang atletik, karate, tenis meja, dan juga golf.

Biaya penerbangan, akomodasi, makanan, hidrasi, transportasi, vitamin, suplemen makanan, juga fisioterapi, diharapkan akan ditanggung oleh program dukungan atlet COE.

Dilansir Inside The Games, beberapa atlet Ekuador saat ini sedang menjalankan persiapannya masing-masing untuk menghadapi Olimpiade Tokyo 2020.

Seperti atlet balap lari Daniel Pintado dan Paola Pérez, serta pelari jarak jauh Paola Bonilla, mereka bertiga saat ini sedang menjalani program latihan 21 hari di Salinas di Ekuador. Ini dilakukan karena ketiganya ingin beradaptasi dengan cuaca panas dan kelembapan, yang mungkin akan mereka rasakan di kota Sapporo, Jepang, tempat diselenggarakannya event maraton dan jalan kaki di Olimpiade.

Pebalap lari lainnya Mauricio Arteaga juga memiliki strategi yang sama untuk membiasakan diri dengan iklim yang lebih hangat, namun ia memilih untuk berlatih ke Zihuatanejo di Meksiko, hingga 6 Maret mendatang.

Sementara atlet lompat jangkit (triple jumper) Liuba Zaldívar akan memperpanjang masa tinggalnya di Pprtoviejo demi persiapan Olimpiade. Lalu pelari maraton Segundo Jami berencana untuk berlatih di Latacunga, Chota dan La Cincordia sepanjang Maret dan April 2021.

Selain atlet-atlet yang melakukan persiapan jelang Olimpiade Tokyo 2020 dengan melaksanakan program latihan, terdapat juga beberapa atlet yang sedang berjuang lolos ke Olimpiade.

Atlet tenis meja Alberto Miño akan berkompetisi di World Table Tennis Middle East Hub (28 Februari-17 Maret), dan event kualifikasi Latin America Olympic (13-17 April).

Jacqueline Factos (Karate) juga berupaya lolos kualifikasi dengan beraksi di Karate 1-Premier League (12 -14 Maret), sedangkan pegolf Daniela Darquea akan tampil di tiga kompetisi Ladies Professional Golf Association, demi mendongkrak rankingnya untuk lolos ke Tokyo 2020.

Ekuador akan berusaha untuk memenangkan medali Olimpiade pertamanya sejak Beijing 2008, saat Jeffersin Pérez meraih perak dalam lomba lari 20 kilometer putra.

Artikel Tag: Komite Olimpiade Ekuador, olimpiade tokyo 2020, Liuba Zaldivar, Paola Perez, Atletik Dunia

324  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini