Kelelahan Latihan Juga Salah Satu Alasan Khabib Nurmagomedov Pensiun

Penulis: Akmal Saputra
Rabu 03 Mar 2021, 15:00 WIB
Khabib Nurmagomedov ungkap alasannya pensiun dari UFC

Khabib Nurmagomedov via GettyImages

Ligaolahraga.com -

Berita UFC: Khabib Nurmagomedov menceritakan tentang alasannya untuk pensiun dari seni bela diri campuran. Selain stres menjadi publik figur, tekanan karena latihan juga menjadi alasan dari juara UFC untuk pensiun.

Khabib telah mengumpulkan resume yang tak tertandingi selama rekor tak terkalahkannya sebagai seniman bela diri campuran, termasuk penyelesaian kuncian Conor McGregor, Dustin Poirier, dan Justin Gaethje, saat ia mengukuhkan dirinya sebagai salah satu atlet paling dominan dalam sejarah UFC baru-baru ini.

Namun, Nurmagomedov yang memiliki rekor 29-0 di MMA dan 13-0 UFC itu mengumumkan pengunduran dirinya setelah mengalahkan Gaethje di UFC-254.

Dilansir dari MMAJunkie, hingga saat ini dia tidak pernah melihat ke belakang sejak menyatakan pensiun, meskipun Dana White terlihat gigih dalam mencoba membujuknya untuk kembali.

Meninggalnya ayah dan mentor Nurmagomedov, Abdulmanap, merupakan faktor utama dalam keputusan "The Eagle" untuk meninggalkan olahraga tersebut pada saat puncaknya. Dia juga telah berjanji kepada ibunya bahwa dia tidak akan lagi bersaing tanpa ayahnya dan hanya akan kembali jika ibunya memberinya restu.

Dalam sebuah wawancara dengan Esquire Middle East, Nurmagomedov menjelaskan bahwa bukan hanya stres menjadi figur publik yang merugikannya, tetapi juga jadwal pelatihannya yang ketat.

“Setiap hari saya bangun di pagi hari dan mulai berlatih, dan pada malam hari tubuh saya kelelahan karena saya telah mencapai batasnya,” kata Nurmagomedov.

"Saya hanya ingin menjalani kehidupan di mana saya bisa mendapatkan setidaknya sedikit tidur sebelum waktu makan siang, untuk hidup untuk diri saya sendiri dan tidak mengabdikan diri saya 100 persen untuk olahraga," sambungnya.

Selain itu dirinyta juga membicarakan tentang stres dan tekanan luar biasa yang terus dia hadapi, meskipun dia telah pensiun.

“Kehidupan di mata publik sangat menegangkan. Saya ingin menjalani kehidupan biasa sebagai orang biasa seperti yang saya lakukan 10 tahun lalu. Tapi sekarang saya memiliki sabuk juara, dari pertarungan yang saya menangkan," ujarnya.

"Saya mengerti bahwa ketenaran akan datang bersamaan dengan ini, tetapi saya tidak menyadari bahwa itu akan sangat sulit. Sangat sulit untuk hidup seperti ini dan saya ingin kembali ke ketenangan sebelum saya menjadi terkenal," pungkasnya.

Artikel Tag: UFC, Khabib Nurmagomedov, Justin Gaethje

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/kelelahan-latihan-juga-salah-satu-alasan-khabib-nurmagomedov-pensiun
796  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini