Hugues Fabrice Zango Pecahkan Rekor Dunia Triple Jump Indoor

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Senin 18 Jan 2021, 14:00 WIB
Hugues Fabrice Zango Pecahkan Rekor Dunia Triple Jump Indoor

Hugues Fabrice Zango via Athletics Weekly

Berita Atletik : Hugues Fabrice Zango memulai musim dengan impresif, usai memecahkan rekor dunia triple jump indoor di ajang Meeting d'Aubiere, Prancis, Sabtu (16/1).

Atlet berusia 27 tahun tersebut membuat lompatan hingga jarak 18,07m dalam kompetisi tersebut, dan menasbihkan diri sebagai atlet pertama yang melompat lebih jauh dari 18 meter dalam ruangan. Catatan yang ditorehkan Zango di final Meeting d'Aubiere itu unggul 15cm dari rekor sebelumnya yang pernah dibuat Teddy Tamgho, pelatihnya, pada European Indoor Championships di Prancis, 2011 silam.

Dilansir Athletics Weekly, Hugues Fabrice Zango menjadi atlet pria Afrika pertama yang memegang rekor dunia, sekaligus orang pertama Burkina Faso yang mencetak rekor dunia.

Rekor indoor terbaik Zango sebelumnya adalah 17,77m, serta memegang rekor outdoor Afrika dengan 17,66m yang membawanya merebut medali perunggu di Kejuaraan Dunia yang berlangsung di Doha tahun 2019 yang lalu.

Rekor lompatan 17 meter tersebut membuat atlet yang sedang menempuh pendidikan untuk gelar PhD teknik elektro di Lille itu, masuk dalam daftar 'five big breakthrougs' untuk musim panas versi majalah AW yang diluncurkan ulang dari versi Oktober 2020.

Pertandingan Hugues Fabrice Zango pada Sabtu lalu juga termasuk lompatan 17,33m di babak kedua, 17,61 di babak keempat, serta 17.70m di babak kelima, sebelum ia membuat sejarah rekor dunia dengan lompatan terakhirnya.

Sementara Melvin Raffin dari Prancis menempati peringkat kedua di Meeting d'Aubiere dengan lompatan 16,98m, disusul kompatriotnya Jean-Marc Pontvianne di urutan ketiga dengan lompatan 16,49m.

Artikel Tag: Hugues Fabrice Zango, Meeting d'Aubiere, Atletik Indoor, Rekor Dunia Indoor

497  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini