Hayden Paddon Siap Taklukkan Rally De Portugal

Penulis: Ruddy
Rabu 16 Mei 2018, 05:00 WIB
Hayden Paddon Siap Taklukkan Rally De Portugal

Hayden Paddon PeDe jelang Rally De Portugal. (wrc.com)

Berita WRC: Hayden Paddon akhirnya kembali lagi bersama tim Hyundai di seri WRC Rally De Portugal, 17 hingga 20 Mei mendatang. Ini adalah kali pertama lagi Paddon berlaga di WRC, setelah absen di 3 seri berturut-turut karena ada rotasi pengemudi di dalam tim Hyundai.

Ini adalah kali ke-tujuh Paddon membalap di Portugal. Tahun lalu, sebetulnya ia tampil impresif, karena memenangkan 4 stage, termasuk 2 stage di hari terakhir. Sayangnya, pada SS 2, ia mengalami crash. Sehingga total catatan waktunya hanya menempatkan pebalap Selandia Baru itu di posisi 29.

Tapi, tahun ini ia kembali dengan semangat dan persiapan penuh.

“Pertama, dan paling utama adalah target kami untuk menyapu bersih semua stage,” kata Paddon. “Saya kira podium harus menjadi target kami sepanjang musim ini. Namun, kami harus cermat dalam meraihnya.”

Paddon berencana menerapkan strategi yang solid setiap harinya pada saat event berlangsung. Maksudnya, ia berusaha mencetak waktu sebaik mungkin pada setiap SS. Jadi, di akhir turnamen ia bisa memiliki catatan waktu terbaik.

“Kami hanya harus memperbaiki pacenote,” ungkap Paddon. Pacenote adalah catatan yang dipegang oleh navigator. Dalam catatan itu terangkum semua detail lintasan, seperti seberapa sempitnya lebar jalan, tajamnya tikungan, dan berapa kecepatan yang harus ditempuh di bagian tertentu. “Anda bisa melaju lebih cepat jika tahu lintasan sebaik-baiknya.”

Selama vakum di kelas WRC, Paddon tetap balapan namun di seri yang lebih kecil. Dan semua turnamen tersebut, berhasil dimenangkan oleh pereli 31 tahun itu. Kini ia kembali ke kelas WRC, habitat alaminya. Dengan begitu, Paddon harus beradaptasi secepat mungkin guna menghadapi ketatnya persaingan di level WRC.

Artikel Tag: wrc, Motorsport, Reli, kejuaraan reli, rally portugal, rally de portugal, hyundai, Toyota, ford, thierry neuville, dani sordo, sebastien ogier, hayden paddon

114