Debu dan Asap Siap Warnai WRC Rally De Portugal

Penulis: Ruddy
Selasa 15 Mei 2018, 20:00 WIB
Debu dan Asap Siap Warnai WRC Rally De Portugal

Fafe, salah satu spot paling menantang di Rally De Portugal. (expressodefafe.pt)

Berita WRC: Rally De Portugal akan mulai bergulir Kamis (17/5) lusa. Dan seri ini menandai kembalinya lawatan tur reli paling tersohor itu ke daratan Eropa. Seri ini juga merupakan seri kedua di mana lintasan akan didominasi oleh permukaan gravel alias berkerikil. Sehingga, para penonton dipastikan akan terhujani dengan debu dan asap, serta percikkan kerikil.

Portugal pertama kali menjadi tuan rumah serial WRC pada tahun 1967, dengan kondisi lintasan mixed-surface.Di awal tahun 2000-an, Portugal tak lagi menjadi peserta WRC. Baru pada tahun 2007, Portugal kembali turut berpartisipasi dengan lokasi di sebelah selatan negara tersebut. Dan sejak 2015 hingga sekarang, WRC akan berlokasi di utara Portugal.

Rute tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Start di hari pertama akan dimulai pada Guimaraes, sebuah kota warisan dunia. Kemudian, para peserta akan digiring ke Lousada untuk mengikuti Super Special Stage. Kemudian dilanjutkan dengan balapan dalam kota, dengan perubahan paling besar yang terdapat pada SS Porto Street Stage.

Memasuki hari kedua, balapan akan berlangsung sangat panjang, karena ada sebuah SS dengan jarak 37,6 km. Puncaknya pada hari minggu, adalah aksi yang paling dinantikan. Tentu saja Stage Fafe yang sangat terkenal dengan lompatan tingginya, serta derum mesin pada sesi Power Stage.

Secara keseluruhan, Rally De Portugal akan melahap lintasan sejauh 358,19 km dengan total jarak sejauh 1.583.47 km. semua jarak tersebut akan dibagi ke dalam 20 SS berbeda. Dan jelang turnamen berlangsung, semua peserta sudah menyiapkan amunisi masing-masing. Citroen, M Sport Ford, dan Toyota telah dipastikan akan menurunkan 3 buah kendaraan. Sedangkan Hyundai lebih all out pada seri keenam ini dengan menurunkan semua kendaraan andalannya.

Wah, nampaknya akan sangat seru jalannya pertandingan di Portugal...

Artikel Tag: wrc, Motorsport, Reli, kejuaraan reli, rally portugal, rally de portugal, hyundai, Toyota, ford, thierry neuville, dani sordo, sebastien ogier, hayden paddon

120