Berita Karate: Pria Ini Ajarkan Karate untuk Perangi Kanker

Penulis: Nur Afifah
Minggu 17 Jul 2016, 16:01 WIB
Berita Karate: Pria Ini Ajarkan Karate untuk Perangi Kanker

Anak-anak melakukan olahraga karate untuk memerangi rasa sakit akibat kanker

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga – Berita Karate: Selama bertahun-tahun seorang pria Michigan bernama Rabbi Elimelech Goldberg telah mengajarkan teknik karate kepada anak-anak untuk memerangi penyakit kanker. Dan berdasarkan riset terbaru, teknik perlawanan sakitnya ini ternyata bekerja.

Rabbi Elimelech Goldberg atau biasa dipanggil Rabbi G mulai mendirikan organisasi Kids Kicking Cancer pada tahun 1999.

Sejak awal ia telah menginstruksikan para pasien mudanya untuk melakukan olahraga seni beladiri, meditasi, dan pernapasan.

Sebuah tragedi yang dialaminya pribadi lah yang membuatnya terjun ke dunia medis.

Lebih dari 30 tahun lalu, kakak perempuannya, yang bernama Sara, meninggal dunia karena leukemia.

“Anak perempuan kami adalah pahlawan yang mengagumkan, yang dalam usia dua tahun akan menceritakan kepada dokter di rumah sakit, jangan gunakan obat untuk hari ini, atau menceritakan kepada anak berusia lima tahun di klinik, jangan menangis,” terangnya kepada media saat diwawancarai 2015 silam.

Ia telah membantu lebih dari 3,000 anak di seluruh dunia melalui program di Michigan, Massachusetts, New York, Florida, California, Kanada, Italia, dan Israel.

Sebuah studi terbaru dari Fakultas Kedokteran Wayne State University menemukan bahwa Kids Kicking Cancer sangat efektif terhadap sebagian besar pasien yang mereka teliti.

“Olahraga seni beladiri sering dijumpai di Chuck Norris, jenis kegiatan seperti yang dilakukan Bruce Lee,” kata Dr. Martin Bluth dari Fakultas Kedokteran Wayne State University. “Sehingga apa yang kami lakukan adalah antara penggunaan seni beladiri atau tidak dalam kapasitas pengobatan dan kapasitas pengutan… bisa berpengaruh untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit yang dirasakan anak-anak penderita kanker atau tidak.”

Tim peneliti bekerja dengan 64 anak dengan usia bervariasi untuk menilai tingkat rasa sakit mereka sebelum, selama, dan sesudah pelatihan seni beladiri mereka.

Studi tersebut menemukan bahwa 85% anak dikabarkan merasakan rasa sakitnya berkurang, terima kasih kepada metode Rabbi G.

Berdasarkan penelitian, anak yang lebih tua, yang biasanya sulit terbuka tentang apa yang mereka rasakan, dan mereka yang merasakan sakit di tingkat lebih tinggi dilaporkan adalah yang paling sukses.

Bluth mengatakan studi tersebut menunjukkan bahwa olahraga seni beladiri  bisa memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap rasa sakit yang dirasakan olah anak-anak setelah menjalani kemoterapi dan pengobatan kanker lainnya. Tidak seperti kebanyakan program manajemen rasa sakit lainnya, tidak ada obat yang digunakan didalamnya.

Sekarang ini mungkin ada banyak data yang mendukung Kids Kicking Cancer, tetapi, untuk Rabbi G, bukti-buktinya sudah jelas.

“Butuh waktu lima menit untuk membuat anak-anak ini tertawa dan mereka akan menjadi anak-anak lagi,” katanya. “Membiarkan anak-anak merasakan semangat itu, memberikan mereka kekuatan, keluar dari kegelapan, mengubah segalanya untuk anak.”

Artikel Tag: Rabbi Elimelech Goldberg, Karate, Kanker, Seni Beladiri

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/berita-karate-pria-ini-ajarkan-karate-untuk-perangi-kanker
1493  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini