Asian Games 2023: Pelatih Korea Selatan Kecewa Tim Voli Putra Gagal Raih Medali

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 23 Sep 2023, 14:30 WIB
Asian Games 2023: Pelatih Korea Selatan Kecewa Tim Voli Putra Tersingkir Lebih Cepat

Tim Voli Putra Korea Selatan/[Foto:Yonhap]

Ligaolahraga.com -

Asian Games 2023: Im Do-hun, pelatih kepala tim voli nasional putra Korea Selatan, terdiam setelah kekalahan telak dari Pakistan dalam pertandingan sistem gugur pertamanya di Asian Games ke-19 di Tiongkok pada hari Jumat.

"Saya tidak punya apa-apa untuk dikatakan," katanya kepada wartawan dalam wawancara zona campuran setelah timnya menderita kekalahan 3-0 (19-25, 22-25, 21-25) dari Pakistan pada putaran kedua yang diikuti 12 negara di Linping Sports Centre Gymnasium, Hangzhou di Shaoxing, di luar kota tuan rumah utama Hangzhou.

“Beberapa pemain mengalami cedera ringan, tapi ini tidak bisa dijadikan alasan.”

Dengan terhentinya pencarian medali Asian Games ke-15 berturut-turut, Korea Selatan terdegradasi ke babak klasifikasi untuk memperebutkan tempat ke-7 hingga 12 di antara tim yang kalah di babak sistem gugur yang diikuti 12 tim. Mereka akan menjalani pertandingan berikutnya melawan Bahrain pada hari Minggu untuk menentukan peringkat akhir di Asian Games.

Untuk pertama kalinya dalam lebih dari enam dekade, Korea tidak akan memenangkan medali Asian Games di bola voli putra.

Negara ini telah mencapai podium olahraga di setiap Asian Games sejak tahun 1966, dalam rentang 14 kompetisi berturut-turut. Korea Selatan meraih medali emas pada tahun 1978, 2002, dan 2006, serta menjadi runner-up pada tahun 2018.

Im, seorang pemukul lawan yang legendaris di masa bermainnya, mengatakan timnya gagal mencapai keseimbangan dalam serangannya. Spiker sayap ace Jung Ji-seok berjuang dengan sakit punggung dan Jeon Kwang-in menderita cedera pergelangan kaki, membatasi pilihan senjata pelatih dalam dua pertandingan babak penyisihan dan pertandingan sistem gugur di turnamen kontinental.

Tanpa Jung, Korea dikalahkan oleh India dalam pertandingan pembukaan babak penyisihan Rabu.

Dia mengatakan Korea Selatan perlu melakukan lebih banyak upaya untuk mendapatkan kembali kekuatan untuk bersaing dengan rival lamanya seperti Jepang, Tiongkok dan Iran di panggung regional.

“Ini posisi kita di level internasional. Banyak hal yang perlu kita persiapkan,” ujarnya.

“Saya pikir kita harus bekerja pada fundamental seperti pertahanan.”

Korea Selatan yang berada di peringkat ke-27 menderita penampilan yang lebih buruk dari perkiraan dalam kompetisi internasional baru-baru ini.

Pada Piala Challenge Bola Voli Asia tahun ini pada bulan Juli, Korea dikalahkan oleh Bahrain yang berada di peringkat ke-73 di semifinal dalam perjalanannya untuk finis di tempat ketiga, meskipun Tiongkok dan Jepang absen.

Pada Kejuaraan Bola Voli Asia 2023 bulan lalu, Korea Selatan tumbang dari China di babak semifinal dan berakhir di peringkat kelima.

Artikel Tag: Korea Selatan, Bola Voli, Asian Games 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/asian-games-2023-pelatih-korea-selatan-kecewa-tim-voli-putra-gagal-raih-medali
650  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini