Yamaha Janjikan Motor Lebih Kompetitif untuk Quartararo dan Morbidelli

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 16 Nov 2022, 11:35 WIB
Yamaha, Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Yamaha, Massimo Meregalli, mengatakan timnya tengah berupaya keras untuk meningkatkan kecepatan YZR-M1 berbekal data yang dikumpulkan selama tes.

Duo Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, mengaku kecwa dengan motor Yamaha YZR-M1 2023. Mereka sama-sama menyebut tunggangan anyar mereka kurang bertenaga.

Bos Yamaha, Massimo Meregalli, pun meminta kedua rider untuk bersabar sembari meyakinkan bahwa YZR-M1 masih bisa ditingkatkan potensinya.

Keluhan Quartararo dan Morbidelli muncul setelah mencoba kuda besi teranyar dalam tes pascamusim di Valencia pada 9 November lalu. Selama pengujian di Ricardo Tormo, pabrikan berlogo garpu tala berkutat dengan masalah mesin.

El Diablo kalah cepat dari pebalap yang menempati urutan teratas, Francesco Bagnaia, sekira 8 km/jam di angka 327,4 km/jam dan 335,4 km/jam.

Yamaha tak hanya tertinggal dari Ducati dalam segi kecepatan tertinggi, tetapi juga kalah dari Honda RC213V 2023 yang digeber oleh Marc Marquez. The Baby Alien mencatatkan top speed di angka 332,1 km/jam.

Meregalli berharap YZR-M1 2023 bisa melaju lebih cepat lagi, setidaknya menyamai pabrikan lain. Ia mengaku bingung karena motor pabrikan asal Jepang kekurangan tenaga di Valencia meski sudah diuji coba oleh Cal Crutchlow di Jerez.

“Sekarang data sedang dievaluasi untuk memahami mengapa ini terjadi karena ketika Cal Crutchlow menguji di Jerez, dia memberi tahu kami bahwa mesinnya memiliki tenaga yang cukup. Pasti ada yang tidak beres,” ungkapnya dikutip dari Speedweek.

“Sayangnya, satu hari tidak cukup untuk memeriksa semua data. Kami memiliki program intensif yang tersebar sepanjang hari dan juga harus memperhatikan aerodinamika dan sasis motor,” ia melanjutkan,

Meregalli pun meminta Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli untuk tenang. Sebab pada tes-tes sebelumnya, performa mesin YZR-M1 2023 sudah cukup memuaskan.

“Namun, kami tidak khawatir karena hasil tes itu karena kami mendapat hasil bagus di Barcelona. Hasil dari Misano, Motegi dan Jerez juga bagus. Kami bahkan membawa pembaruan ke Misano. Kami akan mengecek data mesin terlebih dahulu, kemudian kami memiliki tes sebelum Natal di Jepang,” jelas Meregalli.

Artikel Tag: yamaha, Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/yamaha-janjikan-motor-lebih-kompetitif-untuk-quartararo-dan-morbidelli
835  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini