Yamaha Bingung Fabio Quartararo Melempem di MotoGP Thailand

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 03 Okt 2022, 23:40 WIB
Fabio Quartararo

Fabio Quartararo

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Yamaha, Massimo Meregalli, belum menemui Fabio Quartararo soal penyebab sang pebalap sulit memacu kuda besinya di balapan basah MotoGP Thailand.

Seri MotoGP Thailand sepertinya akan menjadi balapan yang tak ingin diingat Fabio Quartararo. Alih-alih menambah jarak dengan Francesco Bagnaia di klasemen, sang juara dunia bertahan kini hanya unggul dua angka saja.

Dalam perlombaan di Buriram ia tampak benar-benar menderita. Kendati start dari P4, pemuda berjuluk El Diablo melebar saat melewati Tikungan 1. Quartararo lalu mengalam insiden di Tikungan 4 yang mengakibatkan strateginya kacau balau.

Sempat melorot ke P19, rider Monster Energy Yamaha itu akhirnya harus puas finis finis ke-17 dengan catatan waktu selisih 34 detik lebih dari sang pemenang balapan, Miguel Oliveira.

Sebaliknya Francesco Bagnaia mampu merebut podium ketiga di Sirkuit Chang. Tambahan 16 poin jelas begitu berharga baginya, karena jarak 18 poin dengan Quartararo terpangkas menjadi dua poin. Ia berpeluang menyalip sang rival di klasemen saat gelaran MotoGP Australia.

Usai MotoGP Thailand berakhir, Quartararo menolak untuk berbicara dengan media. Bos Yamaha, Massimo Meregalli bahkan mengaku belum menemui pebalapnya secara langsung untuk membahas lebih dalam akar pemasalahan dari kinerja buruk di Buriram.

“Seperti yang bisa kami bayangkan, itu bukanlah situasi yang benar-benar ingin saya hadapi. Kami tidak berbicara dengan Fabio setelah balapan. Dia mungkin benar-benar kecewa dan frustrasi. Dia langsung pergi ke kantornya untuk menenangkan diri,” ungkap Meregalli dikutip dari MotoGP.com.

“Ini juga sulit bagi kami untuk menilai sampai kami berbicara dengannya. Kami benar-benar berbicara dengan dia, untuk memeriksa data dan melihat apakah itu cocok. Dan itu sangat sulit untuk dipahami,” ia menjelaskan.

Meregalli lalu mengatakan, minimnya track time dalam kondisi trek basah disinyalir sebagai penyebab kesulitan yang dihadapi Fabio Quartararo.

Tetapi yang mengherankan adalah kenapa pemuda berusia 23 tahun itu bisa finis kedua ketika mengaspal di MotoGP Indonesia bulan Maret lalu. Meregalli lalu menegaskan level grip lintasan jadi faktor pembeda.

“Yang pasti, untuk semua orang, balapan ini adalah pertaruhan. Karena kami menjalani semua sesi dalam kondisi kering, (tapi) balapan basah,” katanya.

“Namun, kami melakukan hal yang sama di Indonesia. Dan di sana kami tampil sangat baik. Di sini adalah kebalikannya.”

“Sangat tidak jelas alasannya. Kami butuh waktu untuk memahaminya. Pertama-tama, kami perlu berbicara dengannya (Quartararo),” tutur Meregalli.

Artikel Tag: Fabio Quaratararo, yamaha, MotoGP 2022, MotoGP Thailand

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/yamaha-bingung-fabio-quartararo-melempem-di-motogp-thailand
810  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini