Suzuki Ungkap Alasan Sebenarnya Keluar dari MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 11 Des 2022, 09:00 WIB
Suzuki, Alex Rins

Alex Rins

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Salah satu petinggi Suzuki, Nobuo Fujii, menyatakan pabrikan asal Hamamatsu memilih cabut dari MotoGP karena ingin fokus pada misi netralitas karbon.

Keputusan Suzuki untuk angkat kaki dari MotoGP membuat semua orang terkejut. Padahal pabrikan asal Jepang itu tampil kompetitif dalam beberapa tahun terakhir, termasuk titel juara MotoGP 2020 yang diraih Joan Mir.

Dalam tiga balapan terakhirnya di musim 2022, Suzuki sukses mengklaim podium tertinggi di Phillip Island dan Valencia lewat Alex Rins. Hal itu tentu membuat para fans kebingungan dengan keputusan mereka keluar dari MotoGP, padahal proyek berjalan cukup lancar dan bisa dikatakan berhasil.

Setelah sekian lama tutup mulut, salah satu petinggi pabrikan asal Hamamatsu pun akhirnya angkat bicara soal keputusan mundur dari ajang kelas utama. Sebagai informasi, mereka tidak mengeluarkan dana sebesar pabrikan lain di MotoGP seperti Yamaha, Honda, ataupun Ducati.

Adanya batas anggaran yang lebih ketat juga membuat tim harus menginvestasikan uang dengan lebih tepat dan berhati-hati. Mereka juga diketahui memilih mengalihkan investasi ke teknologi mesin bebas jejak karbon dalam beberapa tahun ke depan yang kini menjadi tren di dunia otomotif.

"Salah satu alasan adalah untuk kembali investasi di carbon neutrality (netralitas karbon), hal itu bukan hanya masalah kelistrikan saja," ucap Nobuo Fujii selaku Motorcycling Marketing Group Manager Suzuki Eropa dikutip dari GridOto.com.

"Saat ini kami mengevaluasi berbagai macam peluang, tergantung dengan kapasitas pabrikan," ia mengimbuhkan.

Tentu menjadi sesuatu yang wajar jika mereka lebih berhati-hati soal investasi di MotoGP sebab membutuhkan dana yang tak sedikit. Bisa dikatakan akan percuma jika proyek di kelas premier berjalan dengan bagus dan bahkan bisa juara, tapi tak sesuai dengan arah perkembangan produksi.

Dengan ini tim membantah keras kabar soal mundur dari pasar otomotif roda dua. Bahkan mereka berencana menunjukkan produk baru dengan teknologi yang berbeda dari motor saat ini.

Artikel Tag: Suzuki, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/suzuki-ungkap-alasan-sebenarnya-keluar-dari-motogp
767  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini