Sudah Separuh Musim, Andrea Dovizioso Masih Melempem

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 30 Jun 2022, 11:10 WIB
Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Andrea Dovizioso mengaku masih kesulitan menjinakkan motor Yamaha YZR-M1 dan problem tersebut tak kunjung teratasi hingga pertengahan musim 2022.

Dalam seri MotoGP Belanda akhir pekan lalu, Andrea Dovizioso mengalami masalah yang sama seperti balapan-balapan sebelumnya. Di tahap awal perlombaan ia kehilangan terlalu banyak waktu dan kesulitan untuk menyalip para rivalnya.

“Saya memiliki start sangat buruk karena saya kehilangan semua posisi di tiga tikungan pertama,” ujar Dovizioso dikutip dari Speedweek.

“Saya keluar dari lintasan di Tikungan 1 sebab semua orang berada di dalam racing line saya. Di trek (Assen) ini sangat sulit menyalip di awal karena ada banyak kebingunan dengan line yang berbeda,” tambahnya.

Pria asal Italia itu telah berulang kali mengemukakan problem serupa dalam balapan dengan prototipe Yamaha YZR-M1 dan masih belum bisa mengatasinya hingga saat ini.

“Sejak start musim saya mengalami masalah di awal balapan karena saya tak dapat membuat motor berhenti sesuai keinginan. Saya tidak bisa membalap secara agresif untuk memanfaatkan potensi motor,” ia menuturkan.

“Hampir di semua balapan musim ini, saya kehilangan 12 detik dalam lima lap. Hanya karena saya terjebak di belakang seseorang. Itu pasti akibat tangki penuh dan traffic. Tetapi bahkan di kualifikasi saya tak bisa memanfaatkan potensi dengan ban baru,” jelasnya.

“Waktu lap saya pada akhir balapan baik-baik saja. Sebab ban sudah banyak yang rusak. Saya hanya kehilangan terlalu banyak di awal. Ketika saya memiliki jalur yang bersih, saya bisa membuat 1:33,5 atau 1:33,6.”

“Saya bahkan mampu memperbaiki posisi karena saya menyalip (Stefan) Bradl dan (Luca) Marini di tahap akhir. Sayangnya, tidak ada poin bagi kami,” imbuh eks rider Ducati tersebut.

Pulang dengan tangan hampa dari Assen, memastikan Andrea Dovizioso mengakhiri paruh pertama MotoGP 2022 di peringkat ke-21 klasemen sementara pebalap. Ia berada tepat di bawah rekan setimnya di RNF Racing, Darryn Binder. Meski raihan poin keduanya sama, yakni 10 angka, Binder sudah pernah menembus 10 besar.

Artikel Tag: Andrea Dovizioso, yamaha, RNF Racing, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/sudah-separuh-musim-andrea-dovizioso-masih-melempem
722  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini