Sirkuit Misano Juga Dikenal sebagai Sirkuit Kejayaan Yamaha

Penulis:
Selasa
Sirkuit Misano Juga Dikenal sebagai Sirkuit Kejayaan Yamaha

Misano

Berita MotoGP: Satu lagi sirkuit dalam kalender MotoGP 2018 yang menarik untuk dibahas adalah sirkuit Misano. Misano juga lebih dikenal dengan sikruit San Marino dibangun tahun 1972 silam dan telah menjadi tuan rumah penyelenggara balapan motor sejak tahun 1981.

Misano kemudian berubah nama menjadi sirkuit Misano World Circuit Marco Simoncelli untuk mengenang pebalap muda asal Italia, Marco Simoncelli, yang meninggal akibat kecelakaan tragis pada tahun 2011 di sirkuit Sepang, Malaysia.

Selain menggelar kelas MotoGP, Misano yang memiliki panjang lintasan sirkuit sepanjang 4,2 Km dan memiliki 16 tikungan, juga menjadi sirkuit untuk balapan World Superbike. 

Misano menjadi tuan rumah ajang balap motor paling bergengsi MotoGP sejak tahun 2007. Seiring berjalanya waktu, menurut data tim pabrikan asal Jepang, Yamaha adalah tim yang memiliki sejarah yang baik di Misano.

Hal ini terbukti dari data kemenangan dari pebalap tim Yamaha yang telah menjuarai balapan MotoGP dari tahun 2007 hingga sekarang sebanyak enam kali. Tercatat Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo menjadi juara masing-masing tiga kali.

Rossi menilai sirkuit Misano adalah tempat yang spesial bagi dirinya, Rossi telah menganggap sirkuit yang memiliki jarak tempuh sekitar 118,3 Km tersebut adalah 'rumah' bagi pebalap asal Italia tersebut.

Namun Yamaha absen menjadi juara dalam tiga tahun terakhir ini. Tercatat Honda lah yang mendominasi menjadi juara dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini.

Tercatat, pebalap Repsol Honda, Marc Marquez menjadi juara GP Misano pada musim 2015. Sedangkan pada musim 2016, rekan satu tim Marquez, Dani Pedrosa keluar sebagai juara di Misano.

Pada musim lalu, Marquez kembali menjadi juara di Misano. Sedangkan yang menempati urutan kedua adlaah Danilo Petrucci, dan di urutan ketiga ditempati oleh Andrea Dovizioso.

Artikel Tag: Misano, Valentino Rossi, yamaha, MotoGP 2018

3735