Sepang dan Algarve Jadi Tuan Rumah Tes Pramusim MotoGP 2023

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 09 Agu 2022, 10:50 WIB
MotoGP 2023

Marc Marquez saat tes pramusim MotoGP 2022 di Sepang

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Dorna Sports memilih Sirkuit Sepang, Malaysia, dan Sirkuit Algarve, Portugal, sebagai lokasi pengujian motor untuk kejuaraan MotoGP 2023 mendatang.

Dalam dua musim terakhir, tes pramusim MotoGP dilaksanakan selama lima hari yang dibagi di dua lokasi. Untuk musim 2023, Sirkuit Sepang bakal melangsungkan uji coba pada 10-12 Februari mendatang. Sebelumnya, sesi shakedown digelar pada 5-7 Februari.

Satu bulan kemudian, Sirkuit Algarve menjadi tuan rumah tes pramusim kedua, tepatnya pada 11-12 Maret.

“Tanggal sementara untuk tes pramusim jelang musim 2023 dapat diumumkan,” demikian pernyataan dari MotoGP.

“Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia akan jadi tuan rumah Tes Shakedown, yang mana hanya untuk pebalap tes pabrikan MotoGP dan rookie kelas itu, dari 5 hingga 7 Februari.”

“Sepang akan kemudian menyelenggarakan tes pertama MotoGP tiga hari, dari 10 sampai 12 Februari.”

“Autodromo Internacional do Algarve, sebagai arena untuk pembuka musim, akan menggelar final, dua hari uji coba kelas MotoGP pada 11 dan 12 Maret.”

MotoGP 2023 dibuka dengan balapan di Portimao pada 26 Maret. Untuk pertama kalinya sejak musim 2007, seri pertama dilaksanakan di Benua Eropa. MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez pada 2020 lalu tidak dihitung karena pandemi virus Covid-19 memaksa kejuaraan dipusatkan di Benua Biru.

Biasanya Qatar rutin menjadi tuan rumah tes pramusim dan lomba pertama. Namun, dua hal tersebut tidak bisa dilakukan pada tahun depan karena ada pekerjaan proyek perbaikan trek dan peningkatan fasilitas di Sirkuit Losail.

Butuh waktu lama untuk menyelesaikannya sehingga kemungkinan belum rampung di kuartal pertama 2023. Pembangunan ini dilakukan berkenaan dengan rencana menggelar balapan mobil Formula 1.

Artikel Tag: MotoGP 2022, motogp 2023, sirkuit sepang, Sirkuit Algarve

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/sepang-dan-algarve-jadi-tuan-rumah-tes-pramusim-motogp-2023
559  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini