Sebelum Digaet Repsol Honda, Lorenzo Akui Ingin Kembali ke Yamaha

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 11 Feb 2020, 23:59 WIB
Sebelum Digaet Repsol Honda, Lorenzo Akui Ingin Kembali ke Yamaha

Jorge Lorenzo saat masih berseragam tim Movistar Yamaha MotoGP 2016.

Berita MotoGP: Sebelum gabung tim Repsol Honda, Jorge Lorenzo mengaku sempat nyaris bergabung dengan Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2019.

Jorge Lorenzo harus merasakan puasa kemenangan sejak bergabung dengan Ducati pada awal 2017 lalu. Satu setengah tahun tak menapaki podium tertinggi membuat Ducati ingin mendepaknya dan menggantinya dengan Danilo Petrucci.

Ironisnya, setelah Ducati resmi tak memperpanjang kontraknya, penampilan Lorenzo melejit dengan raihan dua kemenangan besar beruntun di MotoGP Italia dan di MotoGP Catalunya. Sayangnya, titik balik peningkatan performa Lorenzo justru datang terlambat.

"Sebelum menang di Mugello, saya dalam masa sulit. Saya tak bisa meraih hasil baik, Ducati ingin menggaet rider lain, dan saya harus cari solusi. Padahal itu momen yang baik dalam karier saya. Saya cepat, masih tajam, tapi atas alasan tertentu saya tak bisa meraih hasil baik," tuturnya.

Tersingkir dari Ducati membuat Lorenzo langsung ingin kembali ke Yamaha. Rider berjuluk X-Fuera ini selama sembilan musim membela tim Garpu Tala tersebut, bahkan sudah meraih tiga gelar dunia bersama tim itu. Pun demikian, tim pabrikan Yamaha sudah terisi oleh Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Saat itu, peluang satu-satunya adalah bergabung ke tim satelit Yamaha, yakni Petronas SRT.

Ketika tengah berusaha mencapai kesepakatan dengan tim Malaysia itu, Lorenzo dapat tawaran membela Repsol Honda.

"Kami dapat opsi untuk bergabung dengan Petronas Yamaha, dan kontraknya nyaris kami tanda tangani, namun lalu datanglah peluang membela Honda dan saya tak bisa menolak. Salah satu impian pebalap adalah setidaknya sekali pernah membela Honda," ujar Lorenzo.

Lorenzo juga menyebut bahwa dengan menerima tawaran Honda, ia berpeluang mencatatkan sejarah yakni memenangkan balapan dengan tiga motor pabrikan yang berbeda.

Namun ia mengakhiri kontraknya dengan Honda setahun lebih awal dan memutuskan gantung helm lantaran gagal total. Lorenzo pun kembali ke Yamaha namun hanya sebagai test rider.

Artikel Tag: Jorge Lorenzo, MotoGP 2019, Honda, yamaha

1743  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini