Rossi Tak Setuju Jika Ban Dinilai Jadi Faktor Utama Dalam Menentukan Hasil Balapan

Penulis: Viggo Tristan
Senin 10 Agu 2020, 07:03 WIB
Rossi Tak Setuju Jika Ban Dinilai Jadi Faktor Utama Dalam Menentukan Hasil Balapan

Valentino Rossi komentari soal ban yang cepat aus di GP Ceko.

Berita MotoGP : Hasil buruk harus diterima oleh Fabio Quartararo dan Maverick Vinales pada pagelaran GP Ceko, Minggu (9/8) kemarin. Quartararo hanya bisa finish ketujuh dan Vinales harus terlempar hingga posisi 14.

Hasil itu jelas mengecewakan mengingat keduanya memulai balapan dari posisi yang cukup baik. Quartararo start dari posisi kedua dan Vinales start dari posisi kelima. Seusai balapan, keduanya kompak mengeluhkan masalah ban yang berdampak pada kecepatan motor di atas lintasan balap. Rossi sendiri tidak memungkiri jika ban memang memegang peranan penting dalam menentukan hasil balapan.

Akan tetapi, Rossi juga tidak sepakat apabila pebalap mengkambinghitamkan ban ketika mereka gagal memetik hasil positif. Baginya, ban yang cepat aus juga disebabkan karena gaya balap masing-masing.

“Saya kira tidak. Terkadang perbedaannya lebih besar, terkadang lebih kecil. Selalu ada ban yang lebih baik dari yang lain. Itu juga tergantung pada gaya mengemudi yang Anda miliki dan bagaimana sepeda motor dipasang. Saya tidak akan mengatakan itu (pemilihan ban) adalah berjudi. Ini hanya olahraga motor," ucap Rossi saat diwawancara oleh media setempat.

Ucapan Rossi itu dijelaskan dengan contoh yang konkret. Franco Morbidelli sebagai pebalap tim satelit buktinya bisa finish kedua walaupun menggunakan komposisi ban yang sama dengan pebalap lain. Artinya, cepat atau tidaknya ban aus juga dipengaruhi oleh masing-masing pebalap sendiri.

Artikel Tag: motogp 2020, Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi

2286  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini