Inilah Rahasia Motor Ducati Desmosedici GP19 Untuk Musim Depan

Penulis: Datuk Nofri
Rabu 07 Nov 2018, 11:30 WIB
Inilah Rahasia Motor Ducati Desmosedici GP19 Untuk Musim Depan

Michele Pirro sedikit kupas plus minus motor yang dipakai para pebalap Ducati di arena WSBK dan MotoGP musim depan (Image: Motociclismo)

Berita MotoGP: Test rider tim Ducati Michele Pirro mengatakan motor DesmosediciGP 19 yang akan dikendarai Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci musim depan sudah cukup bagus dan lebih user-friendly meski masih ada beberapa area yang masih perlu untuk dibenahi.

Pirro menyampaikan hal itu pada Selasa (6/11/2018) di Milan ketika menghadiri show motor EICMA, saat motor-motor terbaru milik tim Borgo Panigale dipajang.

Selain itu, test rider yang sepanjang musim ini sangat sibuk menguji coba motor-motor tim pabrikan Ducati ini menyebut motor Panigale V4 yang digunakan di ajang World Superbike itu juga tak kalah hebatnya.

Pirro juga telah melakukan uji coba motor Panigale V4 yang akan digunakan oleh Chaz Davies di ajang balapan World Superbike di Aragon kurang dari sepuluh hari kedepan.

Kemudian, Pirro juga telah melakukan uji coba motor Desmosedici GP 19 sebelum diserahkan kepada Dovizioso dan rekan setimnya musim depan, Petrucci.

Akhir pekan lalu, Pirro juga menggantikan posisi Jorge Lorenzo di MotoGP Malaysia setelah pebalap asal Mallorca itu mengundurkan diri pada Sabtu karena cederanya belum sepenuhnya pulih.

Salah satu motor yang dipajang di EICMA adalah motor Panigale V4-R yang menurut Pirro merupakan salah satu motor terbaik yang pernah diproduksi karena Ducati selalu menghadirkan inovasi setiap tahunnya.

Motor VR-4 sendiri merupakan motor 4 silinder dari sebelumnya 2 silinder sebagai upaya Ducati untuk menandingi motor-motor produksi pabrikan negeri sakura.

Namun demikian, menurut Pirro pula, motor VR-4 tersebut masih akan terus dikembangkan sesuai dengan pertukaran informasi dan data yang diperoleh dari arena balapan World Superbike dan MotoGP.

Pirro mengungkapkan bahwa terakhir kali ia melakukan uji coba terhadap motor yang akan dikendarai Davies di Aragon pada 14 November nanti itu pada akhir Agustus lalu yang juga dilakukan di Aragon.

Menurut Pirro, motor tersebut kini telah selangkah lebih maju dan sangat kompetitif dan lincah meskipun ia juga mengakui bahwa motor tersebut belum bisa menyamai produk Kawasaki.

Uji coba motor Panigale V4 berikutnya akan dilakukan di Phillip Island Australia.

Sedangkan mengomentari motor Desmosedici GP 19 yang akan dikendarai Dovizioso dan Petrucci musim depan, Pirro mengatakan motor tersebut sebenarnya tak jauh berbeda dari motor GP 18 namun lebih user-friendly.

Tetapi motor tersebut hanya memiliki platform tunggal elektronik yang dianggap Pirro sebagai salah satu kekurangannya karena produk-produk edisi sebelum GP18 juga memiliki platform tunggal elektronik.

Disamping itu, kekurangan berikutnya adalah soal keseimbangan yang kini menjadi fokus utama Ducati untuk membenahinya.

Artikel Tag: Ducati, Panigale V4, Michele Pirro, Desmosedici GP19

3809