MotoE World Cup, Ajang Balap Pendukung MotoGP

Penulis: joe
Senin 12 Feb 2018, 22:30 WIB
MotoE World Cup, Ajang Balap Pendukung MotoGP

MotoE

Berita MotoGP: Dorna Sports selaku penyelenggara ajang balap motor paling bergengsi MotoGP meluncurkan balapan FIM Enel MotoE World Cup yang akan mulai pada tahun depan. MotoE diklaim akan menjadi kendaraan yang memiliki oktan tinggi namun memiliki emisi nol. Karena Dorna menilai emisi karbon yang dihasilakan oleh infrastruktur dan kebutuhan logistik MotoGP sangat tinggi.

Balapan MotoE nantinya hanya akan memiliki 10 lap saja. Hal ini dikarenakan ajang tersebut lebih mengutamakan kualitas yang akan didapat dibandingkan jumlah lap yang banyak. Pada prakteknya nanti, MotoE akan digelar di lima sirkuit di Eropa yang menyatu dengan kalender MotoGP.

Komposisi peserta MotoE akan diikuti oleh 18 motor, masing-masing dari tujuh tim MotoGP akan menurunkan dua motor. Sedangkan sisanya empat motor akan berasal dari tim Moto2 dan Moto3 yang bersedia masuk ke MotoE.

Sedangkan para pebalap harus merupakan pebalap yang memiliki pengalaman yang cukup di dunia balap motor. Hal ini diwajibkan agar terciptanya persaingan yang menarik.

Dari segi motor, tentunya suara yang dihasilkan akan berbeda dengan sensasi motor MotoGP. MotoE diklaim memiliki suara yang lebih kecil, namun para penggemar balap tentunya akan memiliki sensasi sendiri ketika mendengarkan deruan mesin MotoE.

Tidak berbeda dengan ban yang digunakan di kelas MotoGP, pabrikan ban asal Perancis Michelin akan menjadi pemasok ban utama untuk ajang balap MotoE.

Artikel Tag: MotoE, Dorna Sports, motogp

2776