Meskipun Terpuruk, Marc Marquez Disebut Tetap Jadi Rider Terbaik Dunia

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 05 Jul 2023, 22:17 WIB
Marc Marquez, Jonathan Rea, MotoGP Italia

Marc Marquez terjatuh dalam seri MotoGP Italia

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Pebalap World Superbike, Jonathan Rea, mengaku prihatin dengan situasi sulit yang dialami Marc Marquez bersama Honda. Kendati demikian, menurutnya Marquez masih tetap jadi pebalap terbaik dunia.

Marc Marquez saat ini benar-benar dalam kondisi terpuruk. Jangankan bersaing memperebutkan titel juara dunia, ia justru kewalahan menghadapi motor RC213V miliknya sendiri. Terlebih kondisi cedera menahun yang ia alami juga semakin memperparah situasinya sekarang.

Marquez bahkan mengaku merasa frustasi dengan motor yang ia tunggangi saat ini. Ia bahkan tak segan mengkritik jajaran timnya sendiri yang dinilai tak mau berinovasi dan gagal memberikan motor kompetitif hingga tertinggal jauh dari Ducati serta pabrikan Eropa lainnya seperti KTM dan Aprila.

Hasil terbaik yang diraih The Baby Alein higga saat ini adalah finis di posisi ketiga dalam sesi sprint race GP Portugal yang merupakan seri perdana musim ini. Ia bahkan sama sekali tak bisa mendapatkan poin dari balapan utama hari Minggu.

Kondisi tersebut membuat pebalap WSBK yakni Jonathan Rea merasa prihatin. Meskipun demikian, ia menilai Marquez tetaplah menjadi salah satu rider terbaik di dunia saat ini.

"Dia adalah seorang legenda dan saya sangat prihatin dengan apa yang menimpanya sekarang. Marquez adalah satu-satunya orang yang memiliki kapabilitas bersaing dengan motor tersebut. Dan menurut pendapat saya dia masih pebalap terbaik di dunia hingga hari ini, dengan segala hormat untuk para rivalnya," kata Rea dikutip dari Motosan.

Sang juara dunia WSBK enam kali tersebut juga melihat bahwa biang keladi kondisi krisis ini adalah motor Honda itu sendiri. Terlebih Honda sendiri juga mengakui bahwa pengembangan motor mereka telah kehilangan arah sejak masa pandemi yang membawa petaka bagi Honda sendiri, terlebih Marquez rider andalan mereka yang menjadi ujung tombak pengembangan juga punya riwayat cedera mengerikan di musim 2020 lalu.

RC213V yang kini kian sulit dikendalikan turut membawa dampak fisik dan psikis bagi pengendaranya. Meskipun Alex Rins sempat membawa LCR Honda (tim satelit Honda) meraih satu kemenangan di GP Americas.

"Masalahnya adalah kondisi Honda seperti sebuah bencana dan Anda harus melihat apa yang terjadi dengan Alex Rins dan Joan Mir," pungkas Rea.

Artikel Tag: Marc Marquez

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/meskipun-terpuruk-marc-marquez-disebut-tetap-jadi-rider-terbaik-dunia
16858  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini