Marc Marquez Sendiri yang Bikin Cederanya Tak Kunjung Sembuh

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 13 Nov 2020, 16:15 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Dokter Costa yang merupakan tim dokter yang menangani Marc Marquez, menyebut bahwa sang rider menolak dipasangi pen sehingga cederanya tak kunjung pulih.

Marc Marquez telah melewatkan sepanjang musim MotoGP 2020 akibat mengalami cedera pada balapan perdana musim ini tepatnya pada Juli 2020 lalu. Marquez pun terhitung telah menjalani operasi tulang lengan kanan sebanyak dua kali.

Operasi pertama dijalani Marc Marquez pada 21 Juli di Barcelona, sementara operasi kedua dilakukan pada awal Agustus untuk mengganti plat yang menstabilkan struktur tulang humerus kanannya.

Operasi pemasangan plat sebanyak dua kali tersebut diyakini telah memengaruhi struktur tulang Marquez. Sang juara bertahan itu didiagnosis mengalami pseudoarthrosis. Pasien pseudoarthrosis biasanya mengeluhkan nyeri yang menetap lama setelah peristiwa traumatis.

"Marc mengalami patah tulang humerus di area di atas saraf, dan karena itu dari titik ini melihat seharusnya tidak ada masalah," ujar dokter Costa yang menangani operasi Marquez.

"Penderita humerus yang memiliki plat di dalam struktur tulangnya membutuhkan waktu tiga bulan untuk sembuh. Tetapi, terkadang butuh waktu lebih banyak. Di sini kami berbicara tentang seorang pebalap yang harus kembali ke lintasan pada akhir Februari. Jika dia melakukan operasi lain sekarang, dia hampir tidak akan siap balapan lagi tahun depan. Sangatlah penting untuk berhati-hati dengan waktu pemulihan."

Costa lantas membandingkan dengan metode pemasangan plat kepada legenda MotoGP Honda, Mick Doohan (Australia).

"Kami melihat bahwa Marquez berlatih dengan beban. Itu bisa dilakukan, jika ada pelat dan sekrup. Tetapi, jika semua sekrup yang mereka pasang dalam keadaan sehat, artinya, tidak ada yang putus, Anda dapat menghapus semuanya dan salurannya," ucap Costa.

"Anda dapat memasukkan pen yang selalu merupakan solusi terbaik. Saya telah menyarankan ini dari awal. Jika Marc memberi tahu saya setelah kecelakaan bahwa dia ingin balapan, saya bisa memasang pen," aku Costa.

Saat ditanya apa yang terjadi jika salah satu sekrup putus, Costa mengatakan bahwa sekrup tidak bisa dihilangkan dalam tulang.

"Mereka tidak bisa dihilangkan, dengan cara itu humerus dihancurkan. Jika dia menderita pseudoarthrosis sekarang. Cederanya menjadi sangat lama, jadi saya akan mengoperasi dia."

Artikel Tag: Marc Marquez, motogp 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/marc-marquez-sendiri-yang-bikin-cederanya-tak-kunjung-sembuh
5335  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini