Marc Marquez: Saya Tetap Pindah Meskipun Honda Dapat Hak Konsesi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 04 Jan 2024, 16:20 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Marc Marquez tetap teguh pada keputusannya untuk meninggalkan Honda dan pergi ke Gresini Racing meskipun pabrikan asal Jepang kini berstatus konsesi.

Aturan konsesi MotoGP yang baru telah diumumkan beberapa pekan lalu. Sistem ini memisahkan pabrikan MotoGP ke dalam empat kelompok berbeda berdasarkan poin konstruktor.

Karena mencetak kurang dari 35% poin maksimum konstruktor, Yamaha (27%) dan Honda (25%) akan melakoni musim 2024 dengan rating D. Mereka mendapat akses ke berbagai keuntungan teknis seperti tes pribadi dengan pebalap, lebih banyak pergantian mesin per pebalap, pembukaan akses desain di tengah musim, dan lebih banyak pembaruan aero.

Marc Marquez pun turut senang karena Honda mendapatkan status konsesi. Ia yakin pabrikan berlogo sayap tunggal akan sangat terbantu dengan hal ini.

“Tentu saja, saya pikir jika Anda memiliki kemungkinan untuk mengembangkan mesin, dan mengubah lebih banyak parameter, Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk mencapai level (atas),” ujarnya dikutip dari Crash.

“Jadi tentu saja, ini tidak hanya akan membantu saya, tapi juga semua proyek Honda dan Yamaha,” ia menambahkan.

Tapi The Baby Alien mengakui status konsesi tak lantas menghalangi langkahnya untuk hengkang ke Gresini Racing.

“Saat saya mengambil keputusan (sudah jelas) bahwa 90-95% Honda akan mendapat kelonggaran untuk tahun 2024,” kata Marquez.

Di sisi lain, dominasi Ducati di MotoGP 2023 membuat mereka jadi satu-satunya pabrikan yang kehilangan akses konsesi dalam sistem baru. Setelah mengklaim 96% poin konstruktor maksimum, pabrikan asal Italia kini dikategorikan sebagai rating A, yang berarti akan mendapat pengurangan dalam pengujian ban dan tidak ada jatah wild card.

Artikel Tag: Marc Marquez, Ducati, Honda, Gresini Racing, MotoGP 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/marc-marquez-saya-tetap-pindah-meskipun-honda-dapat-hak-konsesi
4286  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini