Inilah Yang Dicemaskan Andrea Dovizioso di MotoGP Jerman

Penulis: Ruddy
Sabtu 14 Jul 2018, 22:00 WIB
Inilah Yang Dicemaskan Andrea Dovizioso di MotoGP Jerman

Andrea Dovizioso di MotoGP Jerman. (BSN)

Berita MotoGP: Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, mengaku bahwa dirinya sedikit kuatir dengan pemilihan ban untuk digunakan pada balapan MotoGP Jerman akhir pekan ini. Sebab, karakteristik Ducati memang sangat boros dalam konsumsi ban.

Ducati memiliki agresivitas dalam hal akselerasi. Grip ban tentu menjadi korbannya, sebab ban lebih cepat terkikis dengan akselerasi masif yang dimiliki oleh pabrikan asal Borgo Panigale tersebut. Tak terkecuali di Sirkuit Sachsenring.

Pada sesi latihan bebas kemarin (13/7), Dovizioso juga sekaligus mempelajari karakteristik ban yang disediakan oleh Michelin. Pebalap Italia itu berhasil finis sebagai pebalap tercepat ke-empat, dengan selisih 0.4 detik dari Jorge Lorenzo yang memimpin FP 2 yang lalu.

"Saya senang dengan catatan waktu tersebut," ungkap Dovizioso. "Itu berarti kami masih memiliki kecepatan yang baik, seperti yang kami harapkan."

Menurut Dovi, Ducati musim ini sedikit lebih baik daripada musim lalu. Namun demikian, Dovizioso masih menyoroti soal borosnya konsumsi ban, khususnya ban belakang.

"Dengan karakteristik Ducati, saya rasa ban tidak akan bertahan," kata Dovizioso, mengacu pada masa pakai ban saat balapan yang mencapai 30 lap.

"Konsumsi ban adalah seuatu yang aneh," lanjut Dovi. "Sepertinya lebih boros dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi setiap orang harus bekerja keras tidak hanya demi mencapai kecepatan yang diharapkan, tetapi juga mengatasi soal kurangnya masa pakai ban belakang."

Dovizioso sempat menggunakan ban belakang dengan tipe kompon soft pada sesi latihan bebas kemarin (13/7). Dengan ban yang lebih lunak, ia bisa melaju lebih cepat. Tapi ban soft nampaknya tidak cocok untuk dipakai balapan 30 lap.

"Saya senang dengan kecepatan yang bisa kami capai," ujar Dovizioso. "Tetapi kami masih harus fokus pada konsumsi ban."

Artikel Tag: motogp, Berita MotoGP, gp jerman, Sirkuit Sachsenring, repsol honda, dani pedrosa, Marc Marquez, yamaha, Valentino Rossi, Maverick Vinales, Ducati, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso

6490