Honda Diminta Bikin Motor yang Disesuaikan dengan Semua Pebalap Mereka

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 18 Jan 2022, 23:50 WIB
Honda, Marc Marquez

Marc Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Ayah Jorge Lorenzo, Chicho Lorenzo, menyebut Honda membangun motor hanya untuk Marc Marquez sehingga mereka akhirnya terpuruk ketika sang rider andalan absen.

Marc Marquez telah menjadi pebalap andalan Honda selama beberapa musim, sehingga wajar apabila pria asal Spanyol itu terlalu diistimewakan. Misalnya dalam kasus tertentu, tim tersebut dianggap telah mengembangkan motor RC213V yang khusus disesuaikan dengan gaya balap Marquez.

Atas perilaku istimewa dari Honda tersebut, rider berjuluk The Baby Alien itu sukses menorehkan beragam prestasi di MotoGP. Total enam titel juara dunia telah disabet Marquez sejak bergabung dengan pabrikan asal Jepang itu pada 2013 lalu.

"Di Honda, situasi mereka mengembangkan sebuah motor khusus untuk Marc Marquez," kata ayah Jorge Lorenzo, Chicho Lorenzo, dikutip dari Motosan.

"Situasi tersebut telah berlangsung lama dan juga tidak ada yang berhasil menang dengan motor itu selain Marquez,” imbuhnya.

"Dan hasil bagus lainnya bisa dihitung dalam hitungan tangan dan Anda memiliki setengah hasilnya tanpa Marc Marquez," ia melanjutkan.

Berbeda dari Marc Marquez, rider Honda lainnya seperti Pol Espargaro, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami justru kesulitan tampil solid saat menggeber motor RC213V. Pada kejuaraan MotoGP 2021, Marquez berhasil memenangkan tiga seri balapan. Sedangkan tiga penunggang motor RC213V lainnya tak mencatatkan kemenangan sama sekali.

Oleh sebab itulah, Chicho Lorenzo meminta pabrikan tersebut untuk mengembangkan motor RC213V yang disesuaikan dengan Pol Espargaro, Alex Marquez, serta Takaaki Nakagami.

Menurutnya, Marquez akan tetap bisa beradaptasi dengan motor RC213V meski dikembangkan dengan model tiga pebalap lainnya.

"Satu hal yang jelas bagi saya adalah Marc Marquez mampu menang dengan motor apa pun," ucap Chicho Lorenzo.

"Bayangkan para teknisi fokus pada Takaaki Nakagami, Pol Espargaro, dan Alex Marquez dan katakan membuat motor yang pantas untuk mereka demi meraih kemenangan atau setidaknya berada di podium,” tambahnya.

"Ketika satu gagal, masih ada lainnya. Menggunakan motor yang dibuat untuk mereka, Marquez juga akan menang,” ia menjelaskan.

"Sekarang, jika Anda membuat motor hanya berfokus Marquez yang mendapat kendaraan ekslusif yang membuatnya begitu mulus dengan pergerakan tangannya, lalu yang lain tidak dapat memahaminya dan di posisi itu segalanya membuat dunia tersandung," tutupnya.

Artikel Tag: Honda, Marc Marquez, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/honda-diminta-bikin-motor-yang-disesuaikan-dengan-semua-pebalap-mereka
672  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini