Ducati Optimistis Perjudiannya dengan Rider Muda Bisa Bawa Kesuksesan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 01 Mar 2021, 07:05 WIB
Francesco Bagnaia dan Jack Miller duet ducati

Francesco Bagnaia dan Jack Miller

Berita MotoGP: Ducati membuat keputusan yang cukup berani dengan merombak skuat pabrikan mereka di MotoGP 2021. Kendati demikian, ada sedikit optimisme di balik keputusan tersebut.

Ducati secara resmi mengubah filosofi mereka besar-besaran lantaran mengandalkan deretan rider muda alih-alih berpengalaman seperti sebelumnya.

Danilo Petrucci pun jadi korban pertama pergantian generasi di Ducati pada MotoGP 2021 begitu pula dengan Andrea Dovizioso. Sang runner-up MotoGP ini juga dikorbankan demi perombakan tersebut.

Skuat Borgo Panigale tersebut kini memusatkan perhatian mereka kepada banyak pebalap muda dengan duet Jack Miller dan Francesco Bagnaia sebagai ujung tombak. Miller dan Bagnaia diboyong Ducati setelah dirasa cukup berkembang bersama tim satelit mereka, Pramac Racing, dalam dua musim terakhir.

Namun keputusan Ducati mengandalkan duet Miller dan Bagnaia sebenarnya membuat kans mereka dalam perburuan gelar kurang diperhitungkan. Miller memang telah membuktikan bahwa dirinya memiliki kecepatan.

Namun, rider berkebangsaan Australia tersebut masih dianggap belum punya konsistensi yang menjadi bekal penting untuk menjadi juara MotoGP. Sementara, Bagnaia bisa dibilang belum memenuhi ekspektasi sebagai kandidat pebalap juara dalam dua musim pertama menunggangi motor Desmosedici GP.

Usaha Bagnaia mengambil metode berbeda dalam pengereman juga belum membuahkan hasil. Sempat mencuri perhatian dengan hampir memenangi balapan MotoGP Emilia Romagna, Bagnaia kembali tenggelam dengan deretan hasil gagal finis.

Manajer Tim Pramac Racing, Francesco Guidotti, pun belum berani berbicara banyak tentang peluang kedua mantan pembalapnya dalam perburuan gelar musim depan. Guidotti hanya bisa percaya bahwa dua mantan pebalapnya tersebut bisa menunjukkan performa terbaik.

"Saya tidak tahu apakah mereka akan bersaing untuk gelar juara dunia, tetapi mereka pasti akan menjalani musim yang hebat," kata Guidotti, dilansir dari GPOne.

"Jack telah mengalami peningkatan besar dari segi profesionalitas dan personal, dia telah mengerjakan beberapa aspek yang sebelumnya dia abaikan. Langkah ini datang pada momen yang tepat untuk pertumbuhannya."

Sementara dengan Bagnaia, Guidotti mengaku cukup kecewa dengan hasil minor yang diraih pemenang gelar juara dunia Moto2 tersebut. Meski begitu, Guidotti percaya Bagnaia pantas mendapat kepercayaan untuk mengisi kursi pembalap tim pabrikan.

"Pecco (Bagnaia) terus membuat kemajuan, terlepas dari kenyataan bahwa dia seharusnya bisa meraih hasil lebih bagus bersama kami. Pencapaiannya sedikit terpengaruhi nasib buruk dan sedikit karena sifat keras kepalanya."

"Saya pikir dia pantas mendapatkan tim pabrikan. Itu adalah awal baru baginya karena dia adalah pembalap yang dengannya sesuatu dapat dibangun." tukasnya.

Artikel Tag: Ducati, MotoGP 2021, Francesco Bagnaia, Jack Miller

583  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini