Dorna Sports Ingin Arab Saudi Percepat Pembangunan Sirkuit Qiddiya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 24 Nov 2022, 10:55 WIB
Sirkuit Qiddiya

Sirkuit Qiddiya

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Promotor MotoGP, Dorna Sports, meminta Arab Saudi untuk menyediakan trek sementara jika pembangunan Sirkuit Qiddiya tidak bisa selesai sebelum 2027.

Dorna Sports diketahui telah mencapai kesepakatan dengan Arab Saudi pada bulan September lalu untuk balapan yang akan dimulai pada 2024. Sirkuit Qiddiya yang berada di kota baru Neom baru dibangun pada 2017 lalu.

Tapi dalam kesepakatan tersebut belum ada tanggal dan waktu pasti kapan balapan akan dimulai. Namun berdasarkan laporan dari PaddockGP trek tersebut baru akan diresmikan pada 2026 dan siap digunakan di 2027.

Artinya, masih butuh waktu lima sampai enam tahun untuk memulai Grand Prix di Arab Saudi. Dorna Sport selaku promotor MotoGP pun enggan menunggu terlalu lama.

Dilaporkan bahwa mereka dan Arab Saudi tengah berdiskusi untuk mempercepat waktu pembangunan. Seandainya tak bisa, Dorna Spors menyarankan agar Negara Minyak membangun trek konvensional sementara untuk MotoGP dengan biaya sekitar 80 juta euro atau sekira Rp1,2 triliun. Menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut, trek sementara bisa siap paling cepat pada 2024 atau 2025.

Dorna Sports pun berharap solusi ini dikaji secara cermat. Mereka berlandaskan pada event-event olahraga besar dunia yang dilangsungkan di Timur Tengah bisa melakukan pembangunan dalam waktu singkat.

Satu di antaranya Sirkuit Corniche yang dibangun untuk ajang balap mobil Formula 1. Lintasan ini bisa rampung hanya dalam kisaran waktu sembilan bulan.

Selain itu Dorna Sports melihat kesuksesan Qatar dalam membangun fasilitas untuk Piala Dunia 2022. Mereka terpesona dengan infrastruktur negara di tengah padang pasir tersebut.

Artikel Tag: Dorna Sports, MotoGP 2022, Arab Saudi, Sirkuit Qiddiya

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/dorna-sports-ingin-arab-saudi-percepat-pembangunan-sirkuit-qiddiya
576  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini