Cal Crutchlow Beberkan Kelemahan Honda Saat Bertarung di Sirkuit Assen

Penulis: Ardi
Sabtu 07 Jul 2018, 15:00 WIB
Cal Crutchlow Beberkan Kelemahan Honda Saat Bertarung di Sirkuit Assen

Pertarungan sengit barisan depan MotoGP Belanda (LAT Images)

Berita MotoGP: Meski Marc Marquez mampu meraih kemenangan, Cal Crutchlow menyebut bahwa balapan GP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu (1/7) adalah bencana bagi Honda. Ia menilai motor Honda sangat kesulitan bertarung di tengah kerumunan.

Pebalap LCR itu terlibat dalam pertarungan barisan depan, dimana saat itu delapan pebalap hanya terpaut satu detik. Balapan sengit ini bahkan terus berlangsung hingga akhir, sebelum akhirnya Marquez mampu memperlebar jaraknya di empat lap terakhir.

Meski memasang target meraih podium, Crutchlow hanya bisa melewati garis finis di posisi keenam, sementara rekan satu pabrikannya, Marc Marquez mampu memenangi Grand Prix Belanda sekaligus meraih kemenangan keempatnya musim ini.

Kendati demikian Crutchlow merasa kesulitan dengan motornya, RC213V, yang tidak terlalu baik ketika berada di tengah kerumunan motor lain, ia menyebut Marquez bahkan akan kesulitan jika tidak segera melarikan diri dan memperlebar jaraknya.

“Tidak menyenangkan berada di dalamnya [kerumunan grup terdepan], saya harus berada di depan Marc, atau di posisi kedua dengan jarak sekitar satu detik,” paparnya.

“Ya, itu adalah pertarungan luar biasa. Namun dengan Honda berada di tengah-tengahnya merupakan sebuah bencana. Motor kami tidak terlalu baik saat berada di tengah kerumunan.

Pendapat Crutchlow sepertinya terbukti ketika Marquez mulai mendominasi balapan dan meninggalkan pebalap lain jauh di belakang pada penghujung balapan. Di empat lap terakhir Marquez mampu mencatatkan waktu lap 1 menit 33 detik dengan mudah.

Ia menjelaskan bahwa motor Honda akan bergetar lebih ketika berada di antara kerumunan, dan membuat ban depan menjadi terlalu panas hingga kehilangan tenaga.

Meskipun gagal mencapai target, namun ia mengaku bahwa itu adalah kesalahannya sendiri.

“Jangan salah paham, tim saya melakukan pekerjaan baik. Mereka menyiapkan motor yang cukup baik untuk podium, dan saya tidak memenuhinya.”

Ketika ditanya lebih lanjut apa yang membuat RC213V kesulitan dalam kerumunan, Crutchlow mengaku Honda belum menemukan penyebabnya. Ia menambahkan hal ini sudah menjadi masalah Honda selama bertahun-tahun.

Artikel Tag: motogp belanda, MotoGP 2018, Sirkuit Assen, Marc Marquez, Cal Crutchlow, repsol honda, Honda, MotoGP 2019

2409