Berita MotoGP: Musim Depan, Michelin Akan Tampilkan Jenis Ban yang Dipilih Pebalap

Penulis: Catur
Rabu 08 Feb 2017, 17:15 WIB
Berita MotoGP: Musim Depan, Michelin Akan Tampilkan Jenis Ban yang Dipilih Pebalap

Michelin

Ligaolahraga.com -

Liga Olahraga – Berita MotoGP: Demi memudahkan para jurnalis dan pendukung, Michelin bekerja sama dengan siaran TV untuk bisa mengetahui jenis ban yang digunakan pebalap pada musim 2017 mendatang. Nantinya, para jurnalis dan fans akan dengan mudah mengenali jenis ban yang dipakai.

Melakukan identifikasi ban yang digunakan saat race tidaklah mudah terlebih terjadi situasi balapan yang flag to flag atau kondisi lintasan tidak menentu. Kerja sama Michelin dan siaran TV ini akan bisa langsung dilihat jurnalis serta fans secara real time.

Direktur Teknis dan Pengawas Program Michelin, Nicolas Goubert, mengatakan Dorna sudah meminta Michelin untuk bekerja sama dengan siaran TV untuk mengetahui ban apa yang digunakan pebalap. Michelin, kata dia, sudah memasang TPMS (Tire Pressure Monitoring System) pada semua motor di MotoGP 2017.

“Dorna telah meminta kami untuk bekerja sama pada sistem untuk siaran TV. Sekarang ide itu datang untuk menggunakan TPMS. Semua motor telah dilengkapi dengan sistem ini untuk memeriksa ban,” kata Goubert.

Sistem TPMS ini sendiri akan bekerja ketika mekanik memasang ban pada velg. Michelin akan mencatat dan mengenali barcode pada ban tersebut dari TPMS. Informasi itu kemudian dikirimkan kembali ke Dorna dan race control.

Saat pebalap keluar dari pit dan melewati sensor pencatat waktu untuk kali pertama, ID dari TPMS akan dikirimkan oleh ECO menggunakan transpoder. Selanjutnya, race control dan Dorna menerima ID dari TPMS tersebut dan bisa melihat jenis ban yang digunakan pebalap pada motornya. Informasi ini kemudian akan disiarkan di siaran TV.

Sistem TPMS ini sendiri sudah dilakukan uji coba saat tes di Sepang, Malaysia. Kendati demikian, kata Goubert, sistem ini masih memerlukan sedikit penyesuaian lagi.

“Sistem ini masih membutuhkan beberapa penyesuaian lagi,” ujarnya.

Artikel Tag: michelin, motogp, MotoGP 2017

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/berita-motogp-musim-depan-michelin-akan-tampilkan-jenis-ban-yang-dipilih-pebalap
1346  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini