Aprilia Masih Cari Solusi Untuk Atasi Cuaca Panas Saat Balapan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 18 Feb 2024, 23:20 WIB
Aprilia, Aleix Espargaro, Maverick Vinales, Miguel Oliveira, Trackhouse Racing

Aleix Espargaro, Maverick Vinales, dan Miguel Oliveira melaju beriringan di Tes Pramusim MotoGP 2024 Sepang

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Direktur Teknik Aprilia, Romano Albesiano, mengaku masih berupaya mencari solusi untuk mengatasi suhu tinggi pada motor ketika balapan di kawasan Asia.

Aprilia diketahui mengalami kesulitan dalam menghadapi cuaca panas sepanjang kejuaraan MotoGP 2023. Di seri India, Aleix Espargaro terpaksa menghentikan laju motor RS-GP karena sang kuda besi terasa sangat panas seakan mendidih.

Kemudian di seri Thailand Espargaro kembali mengalami problem serupa. Sementara itu rekan setimnya, Maverick Vinales, juga harus berhenti ketika beraksi di Buriram karena kesulitan bernapas akibat suhu yang menyiksa.

Pabrikan asal Noale sudah berjanji untuk mengatasi masalah tersebut. Mereka pun mencoba menyalurkan udara dengan lebih baik di MotoGP Malaysia. Namun demikian, para insinyur tim masih bekerja untuk menemukan solusi yang paling efektif.

"Kami sedang dalam proses, belum selesai," kata Romano Albesiano yang menjabat sebagai Direktur Teknik Aprilia.

Pada tes pramusim di Sepang, pabrikan asal Italia melakukan pengujian dengan Miguel Oliveira (Trackhouse Racing) dan dua rider dari tim pabrikan untuk mengendarai motor dalam formasi untuk mengukur efek dari cuaca panas.

"Kami melakukan simulasi balapan dengan tiga pebalap yang berada di belakang pebalap lainnya. Kami harus bekerja sebelum situasi itu muncul dalam balapan, jika tidak kami akan mengalami lebih banyak masalah," ucap Albesiano.

Aleix Espargaro mengungkapkan bahwa pengujian yang diikuti oleh tiga orang tersebut bertujuan untuk memahami suhu dan tekanan ban depan. Harapannya hal ini dapat memperbaiki situasi sebelum tur di Benua Asia pada musim gugur mendatang.

Tetapi hingga saat ini pria asal Spanyol itu mengklaim bahwa masalah suhu panas pada motor masih belum ada perbaikan.

"Tahun lalu kami mengalami banyak masalah di balapan panas, jadi para insinyur menginginkan lebih banyak informasi untuk memahami bagaimana kami bisa memperbaikinya. Saya harap ketika kami kembali ke Asia pada paruh kedua tahun ini, dan cuaca sangat, sangat panas, kami akan memiliki beberapa solusi," tutup Espargaro.

Artikel Tag: aprilia, Miguel Oliveira, Raul Fernandez, Aleix Espargaro, Maverick Vinales, Trackhouse Racing, MotoGP 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/aprilia-masih-cari-solusi-untuk-atasi-cuaca-panas-saat-balapan
647  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini