Andrea Dovizioso Tuntut Yamaha Kembangkan Motor YZR-M1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 08 Jul 2022, 08:45 WIB
Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Andrea Dovizioso masih sulit memaksimalkan potensi motor YZR-M1, ia pun berharap pabrikan asal Jepang itu mendengarkan sarannya untuk melakukan pengembangan.

Andrea Dovizioso diketahui mulai terjun di kejuaraan dunia balap motor sejak 2001, tepatnya di kelas 125cc bersama RCGM Rubicone Corse dan menggeber motor Aprilia RS125. Cukup satu musim, ia lalu hengkang ke Scot Racing Team yang memberikannya Honda RS125R.

Bahkan ketika naik kelas ke 250cc dan MotoGP, pria asal Italia itu tetap menunggangi motor Honda. Ia baru dipersenjatai motor Yamaha pada 2012, saat direkrut oleh Monster Yamaha Tech3.

Belum tuntas menyelami YZR-M1, musim berikutnya, ia terpikat dengan tawaran yang diberikan Ducati. Doviziso lalu angkat kaki usai mempersembahkan peringkat keempat.

Berpegang dari pengalaman singkat tersebut, sang pebalap memutuskan turun gunung dan menerima tawaran memperkuat tim satelit Yamaha, RNF Racing. Namun diluar dugaan ia justru kewalahan menjinakkan motor.

Pengembangan YZR-M1 dan MotoGP saat ini dinilai Dovizioso sudah tidak berimbang. Pria berusia 36 tahun itu mengaku sedikit kecewa dengan fakta tersebut.

“Perubahan besar memulai dengan Yamaha, saya tidak mengharapkan situasi ini. Ketika saya mulai, saya sadar beberapa hal bagus, tapi juga batasan di area tertentu. Jika Anda tidak mengharapkan sesuatu seperti itu, maka itu merupakan guncangan besar,” katanya dilansir dari Speedweek.com.

“Tidak masalah sekarang karena Anda terbiasa dengan itu. Namun, ketika Anda mencoba mengubah sesuatu dan tidak bisa melakukannya, maka menjadi sangat sulit. Itu adalah situasi tersulit bagi saya karena sangat berbeda dari delapan tahun terakhir saya,” ia menjelaskan.

“Saya harus menggerakkan motor dengan cara berbeda dengan sebelumnya. Saya punya pendekatan jelas agar kompetitif sepanjang akhir pekan dan di titik tertentu, itu bekerja. Namun, semuanya tidak berfungsi lagi, sama sekali.”

“Jadi Anda harus melakukan yang sebaliknya. Pertama, itu tidak alami dan kedua, bukan gaya saya,” ungkap Dovizioso.

Andrea Dovizioso mengenang, pada petualangan perdananya dengan Yamaha, pengembangan di sana memang sangat terbatas. Kendati demikian, motor pabrikan asal Jepang itu cukup menjanjikan.

“Ketika Anda punya pengalaman ini, semua berubah. Tak ada yang bisa memprediksi segalanya. Ada banyak alasan kenapa semua terjadi musim ini, sungguh mengecewakan,” tuturnya.

“Saya mengharapkan banyak lagi, tapi ini adalah situasi sangat khusus. Saya tidak mau menyebutnya situasi buruk karena Fabio Quartararo bisa memenangi titel tahun lalu dan sekarang memimpin klasemen,” ungkap Dovizioso.

“Saya tidak mencoba membuat alasan, tapi ada beberapa hal. MtooGP sudah berubah di banyak area. Contohnya, cara Anda harus menyesuaikan dengan ban Michelin baru yang diperkenalkan pada 2020.”

“Lihat Aprilia, Maverick Vinales salah satu pebalap tercepat di MotoGP, tapi butuh waktu sangat lama untuk mencapai hasil sangat bagus. Maksud saya, ketika Anda berada di lima teratas, Anda selalu menemukan kesempatan lebih kuat. Anda bisa menjadi juara dunia atau peringkat ketiga faktanya berbeda,” ia menyimpulkan.

Artikel Tag: Andrea Dovizioso, yamaha, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/andrea-dovizioso-tuntut-yamaha-kembangkan-motor-yzr-m1
822  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini