Nick Dunlap Ukir Sejarah, Juarai Turnamen PGA Tour Sebagai Pegolf Amatir

Penulis: Hanif Rusli
Senin 22 Jan 2024, 16:25 WIB
Nick Dunlap berpose dengan trofi The American Express 2024. (Foto: Golf Digest)

Nick Dunlap berpose dengan trofi The American Express 2024. (Foto: Golf Digest)

Ligaolahraga.com -

Nick Dunlap menjadi pegolf amatir pertama dalam 33 tahun yang memenangkan sebuah turnamen PGA Tour, mempertahankan kemenangan satu pukulan atas Christiaan Bezuidenhout di The American Express di La Quinta Country Club, California, pada Minggu (21/1).

Dunlap, mahasiswa tahun kedua berusia 20 tahun dari University of Alabama dan juara U.S. Amateur saat ini, adalah pemenang amatir pertama sejak Phil Mickelson di Tucson Open pada 1991.

Dia juga menjadi pegolf amatir ketujuh sejak 1945 -- dan ketiga sejak 1957 -- yang memenangkan sebuah turnamen PGA Tour. Dalam penampilan turnamen PGA Tour keempatnya, Dunlap juga menjadi pegolf amatir termuda yang memenangkan turnamen PGA Tour sejak 1910.

Nick Dunlap adalah satu-satunya pegolf amatir dalam turnamen yang diikuti 156 orang, yang dikenal sebagai Bob Hope Desert Classic, tetapi dia melesat dengan memimpin tiga pukulan dengan putaran ketiga yang luar biasa, mencetak skor 60.

Dia kehilangan keunggulan itu pada sembilan lubang awal pada hari Minggu di Stadium Course di PGA West, tetapi dia bermain dengan ketangguhan bak seorang veteran berpengalaman di sisa pertandingan, bangkit dari dua pukulan yang keliru pada lubang ke-18 untuk menyelesaikan pertandingan dengan par putt sejauh 6 kaki untuk skor 2-under 70.

Dengan total 29-under 259, Nick Dunlap memecahkan rekor skor untuk turnamen itu sebagai turnamen yang memainkan 72 lubang.

Bezuidenhout melakukan birdie di lubang ke-18 di grup sebelumnya untuk tetap memberikan tekanan terhadap Dunlap, yang tee shot-nya mendarat tinggi di semak-semak. Tembakan keduanya tidak jauh lebih akurat, tetapi menggelinding secara beruntung dari semak-semak ke area aliran air berumput di luar green.

Dunlap masuk dalam jarak 6 kaki dengan tembakan ketiganya, dan dia merayakan putt par yang menentukan kemenangan dengan pelukan dari orangtuanya dan pacarnya, yang terbang dari satu penjuru negara pada hari Sabtu untuk menyaksikan dirinya bertanding secara langsung.

Mickelson menggunakan media sosial untuk memberi pujian kepada Dunlap atas penampilannya, salah satu dari banyak postingan yang memuji prestasi ini di seluruh dunia golf -- termasuk beberapa dari rekan-rekan setim Dunlap di Crimson Tide.

"Prestasi yang sangat mengesankan oleh Nick Dunlap," tulis Mickelson. "Selamat atas kemenangan luar biasa ini. Ini baru permulaan."

Dunlap tidak mendapatkan hadiah pertama sebesar $1,5 juta, yang akan diberikan kepada Bezuidenhout setelah putaran terakhirnya dengan skor 65.

Artikel Tag: Nick Dunlap

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/golf/nick-dunlap-ukir-sejarah-juarai-turnamen-pga-tour-sebagai-pegolf-amatir
1985  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini