Kenal Lebih Dekat TGL, Liga Golf Teknologi Tinggi Karya Woods dan McIlroy

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 01 Nov 2023, 19:59 WIB
Ukuran course di SoFi Center, yang terletak di kampus Palm Beach State College, sebagai tempat pertandingan TGL kira-kira setara lapangan sepak bola. (Foto: TGL)

Ukuran course di SoFi Center, yang terletak di kampus Palm Beach State College, sebagai tempat pertandingan TGL kira-kira setara lapangan sepak bola. (Foto: TGL)

Ligaolahraga.com -

TGL yang dipersembahkan oleh SoFi adalah sebuah liga golf baru yang akan mulai dimainkan pada 2024. Liga ini merupakan gagasan dari Tiger Woods dan Rory McIlroy bersama dengan eksekutif golf Mike McCarley.

TGL akan menampilkan 18 pemain PGA Tour yang terbagi dalam enam tim. Mereka akan memainkan pertandingan match-play selama dua jam dengan sistem head-to-head di arena yang dibangun khusus di Palm Beach Gardens, Florida. Pertandingan ini akan menggabungkan aksi langsung dan teknologi golf terbaru.

Woods dan McIlroy telah berkomitmen untuk bermain, bersama dengan Jon Rahm, Collin Morikawa, Justin Thomas, Xander Schauffele, Max Homa, Rickie Fowler, Billy Horschel, Matt Fitzpatrick, Justin Rose, dan Adam Scott. Enam pemain lagi akan diumumkan.

Liga ini akan terdiri dari enam tim dengan empat pemain; pertandingan akan menampilkan tiga pegolf yang bermain untuk masing-masing tim dalam format match-play di lapangan virtual dengan kompleks permainan pendek.

Pada Selasa (31/10), TGL merilis rincian tambahan tentang bagaimana pertandingan akan berjalan. Dalam format match-play modern, setiap lubang bernilai satu poin. Tidak ada ikatan atau carryover. Setiap pertandingan akan mencakup dua sesi: satu pertandingan 3-on-3, sembilan lubang dengan tembakan alternatif ditambah satu pertandingan tunggal enam lubang, "head-to-head" di mana setiap pemain berkompetisi di dua lubang.

Jika pertandingan seri setelah dua sesi, hasilnya akan ditentukan dalam adu penalti yang berakhir ketika sebuah tim memukul dua pukulan yang lebih dekat ke pin daripada pesaing mereka. Semua pemain akan mengenakan mikrofon selama pertandingan.

Klasemen sepanjang musim akan menggunakan sistem berbasis poin seperti NHL: dua poin untuk kemenangan dalam babak regulasi atau perpanjangan waktu, satu poin untuk kekalahan dalam perpanjangan waktu, dan tidak ada poin untuk kekalahan dalam babak reguler. Empat tim teratas di akhir musim reguler akan melaju ke babak playoff, yang akan mencakup semifinal dengan sistem gugur tunggal dan final dengan sistem terbaik dari tiga pertandingan.

TGL juga merilis rincian baru tentang course di SoFi Center, yang terletak di kampus Palm Beach State College. Lapangan seluas 250.000 kaki persegi ini akan memiliki puncak setinggi 75 kaki dan dapat menampung sekitar 1.600 orang untuk pertandingan. Lapangan ini akan berukuran sekitar 97 kali 50 yard, kira-kira seukuran lapangan sepak bola.

Para pemain akan memukul dari tee box, fairway dan area kasar dari rumput dan pasir asli. Pukulan jarak jauh akan dipukul ke layar yang kira-kira 20 kali lebih besar dari ukuran simulator golf pada umumnya. Untuk pukulan yang berjarak sekitar 50 yard, atau kurang, pemain dapat beralih dari skenario ke permainan hijau, yang merupakan kompleks yang dibuat khusus yang disebut "Zona Hijau". Menurut rilis TGL, lapangan ini empat kali lebih besar dari empat lapangan basket dan akan menampilkan permukaan puttingterbesar yang dapat disesuaikan.

"Lapangan hijau seluas 3.800 kaki persegi dengan teknologi canggih ini mencakup tiga Virtual Green berukuran 15 x 27 kaki dari Full Swing, masing-masing dengan 189 aktuator dan dongkrak yang dapat mengubah kemiringan green sehingga menciptakan variasi permainan di tiap lubangnya," demikian rilis tersebut.

Musim perdana akan mencakup 15 pertandingan musim reguler, diikuti dengan semifinal dan final.

Artikel Tag: TGL

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/golf/kenal-lebih-dekat-tgl-liga-golf-teknologi-tinggi-karya-woods-dan-mcilroy
622  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini