Jordan Spieth: Kesepakatan PIF Tak Perlu Lagi Setelah Suntikan Dana SSG

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 01 Feb 2024, 19:13 WIB
Jordan Spieth berharap aspek positif dari kesepakatan dengan PIF, pendana LIV Golf League, adalah itu dapat menyatukan kembali dunia golf. (Foto: Golf Digest)

Jordan Spieth berharap aspek positif dari kesepakatan dengan PIF, pendana LIV Golf League, adalah itu dapat menyatukan kembali dunia golf. (Foto: Golf Digest)

Ligaolahraga.com -

Jordan Spieth mengatakan bahwa menurutnya, kesepakatan dengan Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi tidak diperlukan setelah tercapainya kemitraan baru dengan Strategic Sports Group (SSG) yang dapat menyuntikkan $3 miliar ke PGA Tour Enterprises yang baru terbentuk.

Spieth, yang bergabung dengan dewan kebijakan pemain PGA Tour setelah pengunduran diri Rory McIlroy pada November, mengatakan bahwa satu aspek positif dari kesepakatan dengan PIF, yang mendanai LIV Golf League, adalah bahwa itu dapat menyatukan kembali dunia golf, tetapi ia "tidak yakin apakah atau bagaimana atau kapan itu akan terjadi."

PGA Tour menyatakan dalam rilis berita pada hari Rabu (31/1) bahwa kesepakatan dengan SSG memungkinkan adanya investasi bersama dari PIF, tunduk pada semua persetujuan regulasi yang diperlukan.

"Saya rasa itu tidak diperlukan," kata Spieth pada hari Rabu. "Ide tersebut adalah bahwa kami memiliki mitra strategis yang memungkinkan PGA Tour untuk melanjutkan beroperasi seperti sekarang tanpa hal lain, dengan opsi investor lain."

Dengan pendanaan dari SSG, 200 anggota PGA Tour akan memiliki akses ke program "pertama kali" yang memungkinkan mereka menjadi pemegang saham di PGA Tour Enterprises, yang merupakan entitas berorientasi laba.

Para anggota akan memiliki akses bersama lebih dari $1,5 miliar dalam hibah ekuitas, yang akan menggantung seiring waktu. Besarnya hibah akan ditentukan oleh sistem bertingkat berdasarkan "prestasi karier, pencapaian terkini, partisipasi dan pelayanan masa depan, serta status keanggotaan PGA Tour."

"Pemain sekarang menjadi pemilik," kata Spieth. "Jadi, tidak hanya mereka mendapatkan manfaat dengan tur, mereka sekarang adalah pemilik ekuitas, jadi mereka ingin mendorongnya sendiri. Mereka ingin membuat produk itu lebih baik sendiri. Bukan berarti sebelumnya tidak begitu, tapi sekarang Anda langsung mendapatkan manfaat dari memiliki bagian."

Pegolf Eric Cole mengatakan rencana tersebut "terdengar seperti hal yang baik" untuk anggota PGA Tour.

"Terdengar seperti sesuatu yang belum pernah dilakukan dalam olahraga sebelumnya," kata Cole kepada ESPN. "... Saya rasa banyak detail masih harus diputuskan atau ditentukan, tetapi terdengar seperti berita yang menarik, dan akan menarik untuk melihat kemana arahnya."

Meskipun kesepakatan dengan SSG telah disepakati, masih ada rasa ketidakpastian di kalangan pemain mengenai bagaimana ekuitas akan dibagikan, serta apa arti kesepakatan potensial dengan PIF bagi kembalinya atau reintegrasi pemain LIV.

"Terkait dengan pembagian ekuitas dan hal-hal semacam itu, saya merasa masih agak samar untuk apa yang kami ketahui sebagai pemain, tetapi pada dasarnya, semoga ini akan membantu menghentikan perang yang tampaknya terjadi antara [LIV Golf dan PGA Tour], dan semoga kita secara bertahap mendekati kondisi di mana golf berkembang," kata Ben Griffin kepada ESPN.

Pada hari Selasa, Rory McIlroy mengatakan bahwa menurutnya, pemain LIV seharusnya diizinkan kembali tanpa hukuman dan bermain di PGA Tour jika mereka masih memenuhi syarat. Sementara itu, Spieth mengatakan keanggotaan masih terbagi mengenai keputusan tersebut dan belum memutuskan kemungkinan kemitraan dengan PIF.

"Saya telah bertanya kepada banyak pemain, saya telah banyak berbicara dengan banyak pemain dalam beberapa bulan terakhir," kata Spieth. "Itu pandangan Rory. Saya bisa menyebut beberapa orang dengan pandangan yang sama, saya bisa menyebut beberapa orang dengan pandangan yang benar-benar berlawanan. Jadi ini tentu bervariasi dalam pandangan pemain."

Christiaan Bezuidenhout mengatakan bahwa ia tidak setuju dengan McIlroy dan merasa bahwa sebagian besar anggota tur tidak menginginkan reunifikasi.

"Saya tidak keberatan dengan lebih banyak investor ke PGA Tour, tetapi saya tidak ingin melihat pemain LIV kembali," kata Bezuidenhout kepada ESPN. "[McIlroy] adalah satu dari 200 orang yang merasa seperti itu. Jadi saya rasa pendapatnya tidak seharusnya menjadi satu-satunya pendapat di tur. Tentu saja, dia merupakan aset besar bagi PGA Tour dan ia menggerakkan tur kami dengan baik, tetapi saya hanya merasa bahwa perubahan 180 derajat yang telah dilakukannya selama beberapa bulan terakhir ini mungkin bukan keputusan yang tepat. Saya pikir ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan dan banyak pemain yang merasa seperti saya."

Meskipun Bezuidenhout mengatakan ia setuju dengan poin McIlroy mengenai reunifikasi yang baik untuk olahraga, ia juga menyatakan bahwa perpecahan dalam golf terjadi hanya karena LIV dan bahwa sebagian besar pemain tur masih berpegang pada kenyataan bahwa mereka tetap bertahan, sementara yang lain mengambil uang dan pergi.

"Ada banyak pemain yang juga menolak jutaan dolar, yang mungkin membuat perbedaan dalam hidup mereka, mungkin tidak dalam hidup Rory, tetapi dalam hidup banyak pemain lain," kata Bezuidenhout. "Saya tahu bahkan beberapa pemain papan atas yang tidak menginginkan kembalinya pemain LIV ke sini. Jika PIF ingin berinvestasi, itu tentu saja hebat, tetapi saya hanya merasa bahwa pemain di dewan harus mewakili 70% pemain yang merasa seperti saya."

Griffin adalah salah satu pemain yang tampaknya berada di ambang keputusan. Dari segi keuangan, katanya, apa yang McIlroy advokasi sekarang masuk akal, dan dia memahami mengapa McIlroy mengubah pikirannya.

"Saya merasa pendapat berubah dari hari ke hari," kata Griffin. "Tetapi saya pikir semua orang ingin semua orang bermain melawan satu sama lain. Kami memiliki 80 pemain terbaik di dunia minggu ini, tetapi Jon Rahm tidak ada di sini, dan ada beberapa nama yang mungkin seharusnya di sini. Semoga kita bisa mendekati kondisi itu lagi."

Namun, masa depan itu masih jauh. Kesepakatan potensial dengan PIF akan memerlukan waktu dan juga memerlukan tidak hanya kesepakatan tentang keuangan, tetapi tinjauan regulasi setelah aliansi yang diusulkan antara PIF dan DP World Tour menarik perhatian Kongres dan Divisi Antimonopoli Departemen Kehakiman AS.

"Jika PIF tertarik untuk datang dengan persyaratan yang disukai anggota kami dan persyaratan ekonominya sebanding atau tidak melampaui SSG, dan mereka merasa itu adalah ide bagus, saya pikir pembicaraan akan dimulai dari sana," kata Spieth. "Saya pikir pada titik ini harus sangat positif bahwa kapalnya berbelok dan hanya bisa bergerak ke arah yang benar dari sini. ...

"Kami berada dalam posisi di mana kami bisa lebih baik dari sebelumnya sebagai tur."

Artikel Tag: PIF

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/golf/jordan-spieth-kesepakatan-pif-tak-perlu-lagi-setelah-suntikan-dana-ssg
611  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini